Ketua DPP ALFI tekankan pentingnya membangun sinergi-konektivitas

id Ketua DPP ALFI Tekankan Pentingnya Membangun Sinergi-Konektivitas,dpp alfi, antaranews.com

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Yukki Nugraha Hanafi saat memberikan sambutan dalam Muswil VI DPW ALFI Sulselbar, Sabtu (24/8/2019). ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin

Makassar (ANTARA) - Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Yukki Nugraha Hanafi menyatakan pentingnya membangun sinergi dan konektivitas dalam membangun ekosistem pelayaran untuk pengembangan ekonomi Indonesia.

"Sinergi dan konektivitas yang baik adalah keharusan dalam membangun perekonomian bangsa ini. Kami di ALFI akan mendukung semua kebijakan pemerintah dan menciptakan peluang-peluang dalam pengembangan bisnis ekspor di negeri ini," ujar Ketua DPP ALFI Yukki Nugraha Hanafi di Makassar, Sabtu.

Dalam Musyawarah Wilayah VI DPW ALFI Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) yang digelar di Makassar itu, dia menyatakan pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi penting di era globalisasi yang sudah menerapkan revolusi industri 4.0 tersebut.

Yukki Nugraha Hanafi dalam pemaparan materinya saat muswil menyatakan biaya logistik diharapkan bisa lebih efisein, efektif. Pembukaan jalur tol laut atau pelayaran langsung (direct call) tentunya dapat meningkatkan perekonomian.

"Logistik itu selalu diharapkan murah. Namun menurut kami, logistik diharapkan bisa lebih efisien, efektif, dan berdaya saing," katanya.

Dia menilai gencarnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah harus dimanfaatkan dengan baik oleh semua kalangan pemangku kepentingan. Dia mencontohkan, adanya Tol Trans Jawa dan tol laut telah memberikan pilihan bagi perusahaan jasa logistik untuk mengirimkan barang.

Selain itu, terdapat efisiensi dalam pengiriman, contohnya sebelum ada Tol Trans Jawa, pengiriman Jakarta ke Surabaya bisa memakan waktu seminggu. Setelah ada jalan tol ini, waktu tempuh ke Surabaya bisa berkurang menjadi 3-4 hari.

"Gencarnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah ada yang pro dan ada juga yang sedikit kontra. Daripada berdebat, lebih baik kita mencari peluang-peluang baru karena efisiensi sudah terjadi dengan adanya jalur-jalur jalan trans baru itu," terangnya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar