Profil Wamenkeu Suahasil Nazara

id Suahasil Nazara,Wamenkeu

Profil Wamenkeu Suahasil Nazara

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara melambaikan tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Jakarta (ANTARA) - Suahasil Nazara telah terpilih untuk menerima tugas baru sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Republik Indonesia mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Tepat pukul 13.40 WIB, Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama tokoh yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri (Wamen) untuk menemani para Menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa terpilihnya Suahasil Nazara sebagai Wakil Menteri Keuangan karena ia telah lama berkecimpung di Kementerian Keuangan sehingga kinerjanya tidak perlu diragukan lagi.

“Beliau sudah berkecimpung di Kementerian Keuangan lama jadi tidak perlu diragukan lagi sehingga optimalisasi anggaran bisa dilakukan,” katanya.

Sebelumnya pada Jumat (25/10) pagi, Suahasil datang ke Istana Negara untuk menemui Presiden Joko Widodo. Ia mengaku diberi tanggung jawab untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas Sri Mulyani di Kementerian Keuangan.

"(Saya) sebagai wakil menteri keuangan,” katanya.

Ia mengatakan Presiden Jokowi memberikan arahan untuk memperbaiki berbagai macam kebijakan yang mendukung peningkatan perekonomian Indonesia seperti terkait investasi.

“Membantu memperbaiki kebijakan dalam mempercepat investasi, serapan tenaga kerja, peningkatan perekonomian,” ujarnya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Suahasil lahir di Jakarta pada 23 November 1970, meraih gelar sarjana ekonomi (SE) dari sebuah perguruan tinggi negeri ternama yaitu Universitas Indonesia (UI) pada 1994.

Setelah itu, Suahasil melanjutkan studi hingga mendapat gelar keduanya pada 1997 yaitu Master of Science (MSc) dari Cornell University USA. Tak puas, ia juga berhasil meraih gelar ketiganya pada 2003 yakni Doctor of Philosophy (PhD) dari University of Illinois at Urbana-Champaign USA.

Suahasil mengawali karir dari pegawai negeri sipil (PNS) dibidang pendidikan sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak 1999 dan pada 2009 mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi.

Di lingkungan FEB-UI, Suahasil juga pernah menjadi Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi (2004-2005), Kepala Lembaga Demografi (2005-2008), dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi (2009-2013).

Ia juga aktif di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus dan pernah memegang jabatan Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada periode 2009-2015.

Jabatan lain yang pernah didudukinya adalah sebagai Koordinator Pokja Kebijakan pada Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Kantor Wakil Presiden RI (2010-2015), serta menjadi Anggota Dewan Komite Ekonomi Nasional (KEN) pada 2013-2014.

Ia juga menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal (2009-2011).

Sementara itu, Suahasil menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) sejak 6 Februari 2015 dan pada 31 Oktober 2016 dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala BKF.

Berikutnya, Presiden Joko Widodo akan melantik Suahasil Nazara beserta Wakil Menteri (Wamen) lainnya pada hari ini, Jumat (25/10), sekitar pukul 14.00 WIB.

Sedangkan acara serah terima jabatan (sertijab) Wakil Menteri Keuangan akan dilakukan di Aula Mezzanine Gedung Juanda Kementerian Keuangan, Jakarta, pada Jumat (25/10) pukul 15.00 WIB.

 

Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar