35 Tim Marching Band Ikuti AMBC

Pewarta : id marching band, ambc

Dokumentasi-Peserta DKI Jakarta mengikuti Parade Komando Marching Band Competition 2017 di jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/4). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Makassar (Antara Sulsel) - Sebanyak 35 tim marching band siap bersaing menjadi yang terbaik pada ajang Akkarena Marching Band Competition (AMBC) III di GOR Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, 3-5 November 2017.

Wakil ketua panitia, Haslan di Makassar, Kamis, mengatakan puluhan peserta itu berasal dari berbagai daerah seperti Toli-Toli, Gorontalo, Sulawesi Utara, Palu, Poso, Mamuju, Polman, dan tentunya Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah.

"Sebanyak 35 tim itu terbagi dalam tiga divisi yakni junior, senior dan open class. Untuk pesertanya juga berasal dari berbagai tingkatan pendidikan mulai dari SD, SMP, SMU hingga Perguruan Tinggi," ujarnya.

Kejuaraan ini akan memperebutkan piala Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang. Adapun panitia dilaksanakan Color Guard Makassar (CGM) bersama Marching Addected (BC Squad).

Adapun mata lomba yang akan dipertandingkan pada AMBC III ini antara lain display show, street parade, percussions dan color guard contest serta individual contest.

Ia menjelaskan, untuk saat ini persiapan sudah hampir rampung, baik teknis maupun nonteknisnya.

Bagi peserta, kegiatan ini bernilai positif untuk mengembangkan ilmu dan wawasannya dibidang seni khususnya seni musik. Dalam hal organisasi, mereka dapat membentuk karakter pribadi mereka sendiri, belajar untuk disiplin dan bekerja sama dalam tim.

Selain itu, selaku wakil ketua panitia, Haslan menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu mengasah otak dan meningkatkan kreatifitas anak muda seusia mereka khususnya di bidang marching band dan mendorong mereka untuk menjauhi pergaulan bebas dan kenakalan remaja yang saat ini menjadi perhatian khusus para guru dan orang tua di rumah.

Para dewan juri juga telah siap untuk memberikan penilaiannya kepada para peserta. Dewan juri yang akan didatangkan oleh panitia merupakan Juri Nasional yang sangat berpengalaman dan tentunya sudah diakui kredibilitasnya di dunia marcing band tanah air.

Mereka memiliki segudang prestasi sebagai pelatih dan band director yang telah berhasil membawa unit mereka menjadi juara di event nasional maupun Internasional.

"Kami berharap tahun ini, AMBC akan dapat memberikan pengalaman yang baru dan berharga bagi para peserta, khususnya bagi mereka yang baru mengikuti even ini," katanya.

Dan kami juga berharap kepada masyarakat lainnya untuk dapat berpartisipasi secara tidak langsung memberikan semangat kepada seluruh peserta dan mendukung penyelenggaraan AMBC 3.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar