Gempa 3,8 SR Guncang Sinjai

id bmkg

Gempa Bumi (Antara News)

Makassar (Antara Sulbar) - Gempa bumi berkekuatan 3,8 skala richter (SR) mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Sinjai dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Selasa dini hari.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebutkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 01.04 WITA.

Gempa tersebut terjadi pada koordinat episenter 5.24 Lintang Selatan(LS) dan 120.21 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 kilometer Tenggara Sinjai dengan kedalaman 12 kilometer.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar Walanae," kata Kepala BMKG Wilayah IV Makassar A Fachri Radjab melalui siaran persnya.

Sementara getaran gempa bumi diperkirakan terada pada skala I Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau setara I-II MMI di Sinjai, dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi itu.

Pada skala ini, kata dia, digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, dan jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi di Kabupaten Sinjai itu dirasakan sangat lemah (I SIG BMKG / I - II MMI).

Ia mengimbau masyarakat di sekitar lokasi sumber gempa bumi agar tetap tenang karena gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

"Masyarakat diminta tidak panik dan diharapkan tetap tenang karena gempa bumi tersebut berkekuatan relatif kecil dan tidak merusak," ujar dia.

Sementara itu BMKG juga merilis prakiraan cuaca wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya bahwa pada pagi hari kondisi cerah berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan untuk wilayah Kabupaten Pinrang, Sidenreng, dan Enrekang.

Pada siang dan sore hari, hujan ringan di seluruh wilayah Sulsel, kecuali hujan sedang sampai lebat terjadi di wilayah Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Maros.

Prakiraan pada malam hari, hujan ringan di seluruh wilayah Sulsel kecuali cuaca berawan di wilayah Sengkang Kabupaten Wajo, Watampone (Kabupaten Bone), Sinjai, Sidenreng (Sidrap), Malili dan Belopa (Kota Palopo).

Sedangkan prakiraan cuaca pada dini hari, berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan di wilayah Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, dan Pare-pare.

Sementara suhu udara tercatat 20-32 derajat celcius, kelembaban udara 70-95 persen, serta kecepatan angin di Barat Daya-Barat Laut 10-30 kilometer per jam.

Peringatan dini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Maros.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar