Makassar (Antaranews Sulsel) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Makassar akan terus menggenjot layanan digital untuk meningkatkan transaksi perbankan dengan kemudahan yang ditawarkan.

"Hingga saat ini, BNI adalah perbankan terbaik dengan layanan digitalnya. Melalui `BNI Digination` yang menjadi sebuah gerakan di seluruh wilayah operasional BNI untuk membantu percepatan literasi transaksi keuangan secara digital bagi masyarakat Indonesia," ujar Pemimpin BNI Wilayah Makassar Edy Awaluddin di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan layanan digital BNI akan membuka kesadaran publik bahwa teknologi digital dapat diaplikasikan dengan sebaik mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan bersama masyarakat Indonesia secara umum.

Dia mencontohkan program aplikasi digital yang bisa diunduh melalui telepon pintar dengan nama "Your All Payment" atau (YAP) akan mendukung transaksi nontunai (cashless).

"Salah satu program YAP ini menjadi salah satu alat transaksi dengan sistem nontunai. YAP ini adalah aplikasi pertama yang menggunakan tiga sumber dana, yaitu kartu debit, kartu kredit dan uang elektronik BNI (UnikQu)," katanya.

Diungkapkannya, YAP dengan berbagai kemudahannya merupakan pengganti peran mesin "electronic data capture" (EDC) yang dapat memenuhi kebutuhan pedagang baik UMKM, retail, toko jaringan (chain store), toko modern (premium), dan toko online (e-commerce).

"YAP memiliki tingkat keamanan yang baik pada saat `login` aplikasi menggunakan `password` dan bertransaksi menggunakan `personal identification number` (PIN) sesuai sumber dana yang digunakan baik kartu kredit, kartu debit, atau Unikqu," ucapnya.

Baca juga: BNI Wilayah Makassar gelar pertemuan dengan nasabahnya

Edy menyatakan mulai dari diluncurkannya program itu setahun yang lalu dan hingga saat ini, pihaknya masih terus mengembangkan program tersebut agar bisa digunakan secara masif oleh masyarakat sebagai alat pembayaran.

Beberapa turunan program dari YAP yang dikembangkan mulai dari Digisport, Digicare, dan Digimudik. Ia menjelaskan semua turunan program itu tetap mendukung dalam kemudahan bertransaksi melalui alat pembayaran YAP tersebut.

"Apapun kegiatannya itu selalu menggunakan digital dan semuanya adalah turunan dari program YAP ini. Semua kemudahan akan didapatkan melalui alat transaksi YAP," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024