Makassar (Antaranews Sulsel) - Asosiasi Biro Perjalanan Wisata atau Travel Agent (ASITA) Sulawesi Selatan bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel berkolaborasi mendukung pelaksanaan even Sail and Sale Selayar pada 5-8 Oktober 2018.

Koordinator ASITA Wilayah Timur, Didi Leonardo Manaba di Makassar, Rabu, mengungkapkan kolaborasi ini bagian dari gerakan Energi Pentahelix Sulsel dalam mendukung kesuksesan rangkaian acara Festival Takabonerate yang masuk dalam top bran even Kementerian Pariwisata.

"Kami juga melibatkan tenaga-tenaga muda unsur pelaksana Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel untuk mendukung even besar ini di Sulawesi Selatan. Ini terkait dengan program 100 hari kerja mereka dengan gerakan Energi Pentahelix Sulsel 2018," ujarnya.

Wakil Ketua sekaligus sebagai pejabat sementara Kepala BPPD Sulsel ini mengaku pelibatan industri dalam kegiatan ini penting dalam mendorong Kepulauan Selayar bisa secepatnya mengantongi rekomendasi KEK pariwisata tahun ini.

Selain melibatkan pelaku jasa tour and travel, dia juga berharap peranan unsur pentahelix lainnya seperti media dan komunitas bisa terlibat dalam kegiatan ini melalui koordinasi BPPD Sulsel.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Kepariwisataan Kepulauan Selayar telah menggandeng Komunitas Go Selayar Island untuk terlibat dalan event pariwisata di bulan Oktober ini.

Event "Sail and Sale Selayar" ini akan digelar 5-8 Oktober 2018 dengan beberapa item kegiatan diantaranya Explore Pulau Polassi dan camping ground di Pulau Bahuluang serta menghadiri upacara a?dingin dingin di Tenro.

Ketua Panitia Even Sail and Sale Selayar Fitrah Arfandi menyampaikan tujuan event ini untuk menarik para wisatawan datang menikmati keindahan Kepulauan Selayar terutama keindahan pulau Polassi dan Bahuluang yang bisa menjadi alternatif wisata unggulan kepulauan Selayar selain Takabonerate.

Even ini juga rencananya akan menghadirkan Asteriska vokalis dari Baraswara untuk mengisi rangkaian kegiatan.

"Pulau polassi dan bahuluang bisa menjadi destinasi alternatif andalan selayar selain Taman Nasional Takabonerate. Pemandangan alam, Underwater dan cultural atraction akan memanjakan para peserta," ungkap Fitrah.

Dia berharap event ini membawa dampak pasca event dan semoga tahun depan Sail and Sale Selayar bisa menjadi chordevent pada pesona Indonesia.

Pada even Sail and Sale Selayar ini merupakan salah satu event yang masuk dalam kalender event pariwisata selayar yang di launching di Jakarta tahun lalu.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024