Sinjai, Sulawesi Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Perangkat Daerah Kabupaten Sinjai  2019 di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang, Senin.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt.Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai, H Muhlis Isma menyampaikan Forum Perangkat Daerah merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sinjai tahun 2020.

Dia menambahkan, perangkat daerah, perwakilan kecamatan bersama anggota DPRD duduk bersama membahas usulan program dan kegiatan yang akan dituangkan dalam dokumen RKPD tahun 2020.

"Patut disyukuri bahwa salah satu agenda penting dalam proses perencanaan kita, yaitu penetapan RPJMD Kabupaten Sinjai tahun 2019-2023 telah berada dalam tahap finalisasi setelah penyerahan kembali rancangan Perda RPJMD dari DPRD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, saya berharap RPJMD ini segera ditindaklanjuti oleh seluruh perangkat daerah untuk menyelesaikan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah tahun 2018-2023," tuturnya.

Bupati berharap setiap perangkat daerah mampu menerjemahkan setiap misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD, termasuk rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah tahun 2020 yang dibahas dalam Forum Perangkat Daerah ini sebagai bagian dari tahapan pelaksanaan Renstra Perangkat Daerah nantinya.

Andi Seto berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah agar mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk menyusun Renja masing-masing. Setiap Perangkat Daerah harus terbuka pada setiap tanggapan, masukan dan saran dari perangkat daerah yang lain, begitupula para perwakilan  kecamatan.

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Sinjai, Drs.Andi Ilham Abu Bakar, MH mengatakan forum koordinasi ini digelar untuk membahas hasil musrenbang kecamatan, menyusun serta menyempurnakan rencana kerja perangkat daerah dengan program perencanaan partisipatif mulai tingkat desa, kelurahan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional dan merupakan instrumen pembangunan yang dilakukan secara bertahap.

"Forum ini strategis karena mempertemukan semua sektor dan penyelarasan usulan antara hasil musrenbang dan mensinergikan segala usulan," ujar Andi Ilham yang juga Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut.

Dia menambahkan, kegiatan ini sebagai bagian dari proses musrenbang serta wadah komunikasi perangkat daerah dalam satu bidang, penyepakatan prioritas, indikator, lokasi serta target sasaran yang dibagi dalam tiga kelompok diskusi sesuai garis koordinasi masing-masing asisten, yaitu bidang ekonomi, sosial dan pemerintahan yang akan dipimpin koordinator yaitu para asisten didampingi pihak Bappeda.

Pewarta : -
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024