Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mendukung kemampuan penguasaan bahasa asing bagi pemuda-pemudi sebagai penerus bangsa.

"Gubernur Sulsel kita, Prof Nurdin Abdullah sangat mendukung penguasaan bahasa asing bagi anak-anak kita, para pemuda-pemudi sebagai generasi penerus bangsa," kata Asisten III (Administrasi) Tautoto Tanaranggina saat membuka Satu Dekade TOEFL Akbar Briton di Makassar, Minggu.

TOEFL Akbar 2019 merupakan salah satu kegiatan rutin Briton English Education dalam mewujudkan Makassar Going Global.

"Kegiatan seperti ini tentu didukung oleh Pemprov Sulsel," sebutnya.

Didukung oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar dan Dinas Pendidikan Provinsi, tahun ini kembali menggelar TOEFL Akbar yang ke-10 tahun.

Kegiatan ini diikuti oleh 1.000 peserta TOEFL test dari seluruh kalangan masyarakat yaitu mahasiswa, pelajar, karyawan dan umum.

Agenda ini bertujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya Bahasa Inggris, yang wajib dipersiapkan sejak dini, serta membantu pencari beasiswa untuk mengetahui cara mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri.

Kegiatan juga diisi diskusi diisi oleh Senior Manager PT. Badak LNG, Nasrul Syahruddin yang memberikan arahan terkait segi kualifikasi dalam menentukan calon penerima beasiswa dan karyawan di PT Badak.

Nasrul Syahruddin mengatakan, generasi muda di Sulsel harus memiliki sumber daya yang berkualitas dan kemampuan Bahasa Inggris untuk mendukung Sulsel sebagai daerah penyangga ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Ini diperlukan karena Makassar, Sulawesi Selatan sebagai daerah penyangga atau pendukung ibu kota baru," ujarnya.

Pemateri lain seperti para penerima beasiswa internasional juga dihadirkan memberi motivasi dan kiat mendapatkan  beasiswa dan belajar di luar negeri.

Sementara itu Ulva Nilawaty, Ketua panitia kegiatan TOEFL Akbar mengungkapkan dengan adanya Score TOEFL yang diperoleh dari kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai syarat masuk mendaftar ke perguruan tinggi, sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa, syarat melamar pekerjaan, serta syarat kenaikan jabatan di perusahaan.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024