Malili (ANTARA) - Bupati Luwu Timur (Lutim) HM Thoriq Husler membuka bumi perkemahan (Bumper) pramuka Kemah Lomba Pramuka Penegak dan Penggalang (Kelopak Galang) 2019 di Bumi Perkemahan Atue, Kecamatan Malili, Lutim, Selasa (5/11).

Husler yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Luwu Timur ini, mengatakan Bumi Perkemahan Atue baru kali ini dipergunakan, masih banyak sarana dan prasarana yang belum dibangun dan berjanji akan menyiapkan fasilitas pendukung bumper.

"Terima kasih atas dukungan pemerintah desa dan masyarakat sehingga bumper ini bisa dibangun. Namun saya ingatkan kalau fasilitasnya nanti rampung, mohon dijaga," terangnya.

Dia menambahkan gerakan pramuka merupakan wadah untuk membimbing, membina dan menciptakan kaum muda yang kreatif dan lebih baik.

Pramuka juga menguatkan karakter pemuda sehingga menjadi teladan bagi bangsa dan negara yang bertanggung jawab, serta menciptakan calon pemimpin yang lebih handal di masa mendatang.

"Pramuka yang berkarakter itu, harus tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak, jujur serta selalu bersatu, menjunjung kesatuan dan persatuan bangsa," ujarnya.

Kelopak Galang  merupakan kegiatan perkemahan yang mengusung kompetisi secara sportivitas, serta penuh kreativitas di alam terbuka dan mengevaluasi hasil capaian gerakan pramuka yang dilakukan oleh masing-masing gugus depan.

"Saya minta kepada seluruh peserta perkemahan, pembina pendamping dan panitia penyelenggara dapat melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan baik," pungkas Husler.

Kegiatan perkemahan ini berlangsung pada 5-9 Nopember 2019 dengan tujuan menjalin silaturahmi antara anggota gerakan pramuka se-Luwu Raya, membina dan mengembangkan jiwa kepemimpinan.

Kelopak Galang diikuti sebanyak 4.015 orang peserta dari Kabupaten Luwu Timur,  Tana Toraja, Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Utara, dengan tema "Bersama pramuka kita bentuk tunas muda yang tangguh dan kreatif menuju Luwu Timur Terkemuka 2021"

Selain membuka Kelopak Galang, Bupati Luwu Timur juga meletakkan batu pertama pembangunan Kolam Renang Atue yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2019.

Turut hadir pada cara tersebut antara lain anggota DPRD Lutim Sarkawi A Hamid dan KH Suardi Ismail, Kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu Timur, Camat Malili Nur Saifullah, dan Kepala Desa Atue.

Pewarta : Julius
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024