Makassar (ANTARA) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sri Rejeki menyampaikan bahwa pencegahan kekerdilan (stunting) akan menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2020 sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Sebagai organisasi yang menghimpun dan membina para istri Aparatur Sipil Negara (ASN), peran perempuan dalam pembangunan nasional merupakan potensi yang harus dimaksimalkan," katanya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DWP secara nasional yang ke-20 di Makassar, Senin.

Komitmen program prioritas pencegahan kekerdilan oleh DWP Sulsel tersebut mulai direalisasikan, salah satunya melalui pemberian materi kepada anggota dari seluruh kabupaten/kota mengenai dukungan terhadap penanganan gizi buruk. Mulai dari pendampingan pemberian ASI hingga makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

"Di Indonesia, potensi perempuan merupakan aset nasional yg harus dikembangkan dalam kegiatan bernegara dan kita semua dituntut agar memperhatikan kualitas SDM secara berkelanjutan, baik DWP pusat hingga di tingkat kelurahan," katanya di hadapan Ketua dan Anggota TP PKK Provinsi Sulsel.

Menurut Sri, DWP Sulsel sebagai salah satu unsur penggerak pembangunan dan secara profesional menjadi mitra pemerintah, juga bertekad membangun sumber daya manusia secara berkualitas dan berdaya saing serta menurunkan angka kekerasan pada perempuan dan anak.

Sementara, Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Lies F Nurdin menyampaikan dukungan atas komitmen kerja Dharma Wanita dalam mendukung pembangunan SDM dan pencegahan kekerdilan di Sulsel.

"PKK dan Dharma Wanita sama-sama bekerja mendukung program pemerintah pusat dan daerah, apalagi seluruh organisasi perempuan diminta membantu program nasional," katanya.

Lies mengemukakan bahwa ada 300 organisasi perempuan di Sulawsi Selatan. "Jika semuanya turun ke masyarakat untuk membantu dan sosialisasi mengenai penanganan gizi buruk dan pencegahan kekerdilan, Insya Allah di Sulsel bisa kita tekan," tutur Lies.

Turut hadir dalam perayaan HUT yang mengusung tema 'Optimalisasi Kinerja DWP Sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangun Nasional', Asisten Bidang Pemerintahan Sulsel Andi Aslam Patonangi, pimpinan dan jajaran Forkopimda Sulsel.*
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024