Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah meninjau progres pembangunan kawasan wisata Bira, Kabupaten Bulukumba, bantuan dana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tahun anggaran 2020 sebesar Rp45 miliar.

Nurdin Abdullah mengaku, ini merupakan bentuk dukungan Pemprov Sulsel untuk menjaga pariwisata kita di Kabupaten Bulukumba.

"Iya, pagi ini kita meninjau progres pembangunan pedistrian dan pembangunan lainnya di dalam kawasan wisata Bira Bulukumba ini," ujarnya di Pantai Bira Bulukumba, Kamis.

Sementara, anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Infrastruktur Hendra Pachri menjelaskan pembangunan untuk tahun ini terdiri dari pedistrian sepanjang 700 meter, pasar seni dan terminal. Sementara untuk pembangunan tahap dua atau anggaran tahun 2021 merupakan Pelabuhan Bira-Selayar.

"Ada dua tahap tadi yang di survei terkait pembangunan pariwisata di dalam kawasan Wisata Bira dan Bira Timur Bulukumba. Sementara untuk jumlah keseluruhan yang masuk di dalam kawasan wisata Bira Bulukumba sebanyak Rp 43 miliar, dari Rp 50 miliar untuk Bulukumba," jelasnya.

Adapun peninjauan lainnya yakni lokasi rencana pembangunan pelabuhan Bira-Selayar. Area tersebut masih dalam proses pengukuran berapa aset milik Pemprov Sulsel dan Kabupaten Bulukumba.

"Baru perencanaan berapa aset Pemprov sana di untuk pembangunan pelabuhan Bira-Selayar. Saat ini belum ada luasannya. Dan diharapkan secepatnya ada hasil luasan, disitu pencernaan diselesaikan di 2020 akhir dan masuk tahap pekerjaan 2021," pungkasnya.(*/Adv)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024