Makassar (ANTARA) - Terdapat tiga belas Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mendapat izin penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi RI di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulsel, Sulbar dan Sultra (Sulselbatra) pada triwulan 2022.

Hal itu dikemukakan Kepala LLDIKTI IX Sulselbatra, Drs Andi Lukman, M.Si di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, PTS baru yang ada di Sulsel sebanyak tujuh perguruan tinggi di antaranya Institut Teknologi dan Bisnis Gowa, Institut Teknologi Amanagappa dan Politeknik Kesehatan Megarezky (Polimerz).

Sedangkan enam PTS lainnya berlokasi di Sultra yakni Politeknik Bombana, Institut Teknologi dan Kelautan Buton, Institut Teknologi dan Sains Muhammadiyah Kolaka dan Institut Teknologi dan Sains Muhammadiyah Kolaka Utara.

"Jadi ketigabelas perguruan tinggi itu telah diserahkan SK penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi diwakili LLDIKTI IX Sultanbatara," kata Andi Lukman.

Menurut dia, perguruan tinggi yang telah diserahkan SK penyelengggaraannya itu telah menerima mahasiswa baru pada awal 2022 yang sedang berjalan ini.

Kemudian menyusul SK Penyelenggaraan Institut Teknologi Sains dan Bisnis (ITSB) Muhammadiyah Kepulauan Selayar juga diserahkan kepada pengelola di Kota Benteng Selayar pada Jumat (11/3).

Dia mengatakan, proses pendirian ITSBM ini merupakan yang tercepat. Pasalnya setelah memberikan rekomendasi pada Desember 2021, Februari 2022 SKnya sudah keluar dari Dikti. Kepala LLDIKTI IX Sulselbatra, Drs Andi Lukman, M.Si disela peresmian Institut Teknologi Sains dan Bisnis (ITSB) Muhammadiyah Kepulauan Selayar di Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Jumat (11/3/2022). Antara/ HO-LLDIKTI Wilkayah IX

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024