Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menganggarkan Rp25 miliar untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan selama 2012.

"Alokasi anggaran untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan tahun ini sekitar Rp25 miliar, dan anggaran ini diperoleh dari dana alokasi khusus (DAK) dan APBD Makassar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Makassar Andi Muhammad Anshar di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan anggaran yang dialokasikan dari kedua pos anggaran itu dinilainya masih terbatas seiring dengan pesatnya pertumbuhan pembangunan serta pembangunan jalan di Makassar.

Ansar yang baru menjabat sebagai Kadis PU sejak sebulan lalu itu merinci, program rehabilitasi jalan dialokasikan sebesar Rp8,26 miliar dan tambahan alokasi dari DAK sebesar Rp9,02 miliar.

Selain anggaran pemeliharaan jalan, ada juga program pelebaran jalan dan penataan trotoar di sepanjang Jalan Ahmad Yani yang mencapai Rp5,06 miliar.

Untuk pembangunan jembatan, dianggarkan sebesar Rp3,32 miliar antara lain jembatan Romang Tangngaya, jembatan Abdullah Daeng Sirua serta dua jembatan sungai pampang yang masing-masing memiliki panjang 40 meter.

Sedangkan anggaran perencanaan APBD Kota Makassar dan alokasi DAK mencapai Rp400 juta ditambah dengan anggaran pengawasan yang mencapai Rp900 juta.

"Dari rincian itu, tahun ini kami akan fokuskan pada perbaikan jalan yang selalu tergenang air saat terjadi hujan, padahal di tahun-tahun sebelumnya jarang terjadi genangan air di Makassar," katanya.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan oleh tim pemeliharaan jalan saat ini, ia menyebutkan masih ada sekitar 65 persen jalan di Makassar yang kondisinya cukup baik.

Meskipun demikian, pihaknya masih terus memperbaharui data-data mengenai kondisi jalan, utamanya jalan-jalan protokol yang rusak karena musim penghujan ini. (T.KR-MH/M008) 

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024