Makassar (ANTARA) - Manajemen Telkomsel mengimbau masyarakat di Kota Makassar dan sekitarnya Provinsi Sulawesi Selatan segera memperbaharui (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G untuk pemerataan jaringan broadband terdepan dan adopsi gaya hidup digital, agar kualitas jaringan lebih optimal. 

"Edukasi ke pelanggan untuk melakukan upgrade USIM ke 4G  telah kami lakukan sejak lama, baik melalui SMS, outbond call, membuka posko layanan tambahan, hingga sosialisasi ke berbagai pelosok,' kata General Manager Consumer Sales Telkomsel Regional Sulawesi Deni Eko Harwanto, melaui siaran persnya, yang diterima di Makassar, Rabu. 

Untuk perbaikan layanan, Telkomsel telah melakukan proses peningkatan jaringan 3G ke 4G secara berkala, dengan tahap pertama pada Maret 2022 hingga tahap akhir di Desember 2022. Sedangkan untuk nomor USIM pelanggan pada peralihan jaringan ini tetap nomor yang sama. 

"Pelanggan tidak perlu khawatir melakukan upgrade USIM ke 4G, karena nomornya tidak berubah, sisa pulsa dan kuotanya juga tetap ada. Tidak ada biaya dibebanka untuk pelanggan, bahkan pelanggan akan mendapatkan kuota tambahan hingga 30 Gigabyte," katanya.

Dalam menghadapi antusias pelanggan dalam migrasi dari 3G ke 4G, di seluruh chanel pelayanan di Kota Makassar dan sekitarnya, pihaknya menambah petugas untuk memudahkan pelayanan. Khusus GraPARI Pettarani, operasional pelayanan dibuka Senin-Jumat hingga pukul 20.00 WITA. Hari Sabtu-Minggu hingga pukul 17.00 WITA. 

Untuk mengecek USIMnya bisa melalui ponsel dengan mengetik *888*47#  dengan opsi 1 untuk  pengecekan status kartu dan opsi 4 untuk pengecekan status M-Banking. 

Proses migrasi pergantian kartu USIM bagi pelanggan di Kota Makassar dan sekitarnya, dapat dilakukan GraPARI Pettarani, GraPARI Mitra Usman Djafar, GraPARI Mitra Sudiang dan GraPARI Mitra Mal Panakukkang, GraPARI Mitra Gowa dan GraPARI Mitra Maros hingga di outlet penjualan bertanda 'Matemija'.

Selain itu, pelanggan dapat melakukan layanan mandiri melalui MyGraPARI 24 jam dan GraPARI Online tsel.me/graparionline. Dengan jaringan 4G,  pelanggan merasakan pengalaman panggilan suara berkualitas HD kelancaran akses internet. dengan menggunakan layanan VoLTE Telkomsel.

Komitmen Telkomsel itu secara tegas mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI untuk mendukung pengembangan jaringan 4G maupun 5G di Indonesia sehingga diperlukan improvement teknologi dari 3G menjadi teknologi yang lebih tinggi kemampuannya. 

Dengan jaringan 4G,  pelanggan juga dapat merasakan pengalaman panggilan suara berkualitas HD sambil menikmati akses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan dengan menggunakan layanan VoLTE Telkomsel. Saat ini, layanan VoLTE Telkomsel sudah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.

"Kami terus melakukan sosialisasi melalui berbagai channel ke pelanggan untuk segera melakukan pergantian kartu ke USIM 4G dan dengan menggunakan perangkat yang mendukung 4G. Kantor layanan Telkomsel, baik GraPARI maupun GraPARI mitra serta outlet, tetap melayani pelanggan yang akan  melakukan upgrade 4G. Dengan jaringan 4G, pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik dalam mengakses internet dengan kecepatan yang stabil dan maksimal dengan jaringan 4G”, ujar Deni.

Dari pantauan di kantor GraPARI Pettarani, seratusan pelanggan mengantre untuk peralihan kartu USIM dari layanan jaringan 3G ke 4G. Tidak adanya nomor antrean membuat pelanggan membludak hingga menimbulkan kerumunan, meskipun pihak Telkomsel menyediakan tenda-tenda layanan di luar area kantor GraPARI setempat. 

Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang terus berupaya untuk membuka lebih banyak peluang dan kemungkinan dengan menghadirkan digital connectivity, digital platform, dan digital services yang dikembangkan dengan mengutamakan kemanfaatan teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat hingga penjuru negeri. 

Telkomsel secara konsisten melakukan pemerataan jaringan mobile broadband 4G dan pengembangan 5G, serta memperluas  ragam layanan dan solusi digital inovatif, seperti Mobile Gaming, Digital Entertainment, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, Enterprise .Solutions, dan Internet of Things. Selama 27 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir untuk melayani lebih dari 175 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam dan terluar Indonesia dengan dukungan lebih dari 247.000 BTS. Pelayanan pelanggan dapat diakses melalui website: telkomsel.com, facebook.com/telkomsel, Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel serta asisten virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024