Makassar (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji Makassar Sulawesi Selatan resmi menjadi rumah sakit pendidikan bagi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Bosowa (Unibos) Makassar Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan RI No.HK.01.07/MENKES/23/2023.

Dekan FK Unibos Dr dr Bachtiar Baso MKes di Makassar, Minggu menjelaskan RSUD Labuang Baji menjadi rumah sakit pendidikan utama yang akan digunakan sebagai tempat belajar praktik, menunjang akreditasi dan meningkatkan kualitas lulusan Mahasiswa Kedokteran Unibos .

“Rumah Sakit Pendidikan ini menjadi tempat belajar, menjadi hal penting karena akan menunjang kualitas alumni FK Unibos dan menjadi salah satu syarat utama untuk meningkatkan akreditasi," jelasnya

Dr dr Bachtiar Baso MKes juga berterima kasih kepada stakeholders terkait yang telah mendukung Fakultas Kedokteran karena menjadikan RSUD Labuang Baji menjadi rumah sakit pendidikan, khususnya kepada Pemprov Sulsel.

RSUD Labuang Baji merupakan salah satu rumah sakit terbaik Pemprov Sulsel dengan kelas B dan menjadi rujukan pasien-pasien dari kabupaten/kota di seluruh provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan adanya rumah sakit pendidikan ini, Bachtiar berharap dapat meningkatkatkan akreditasi Program Studi Profesi Dokter dan ke depannya FK Unibos akan menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dalam rangka penyerapan alumni Fakultas Kedokteran Unibos.

“Kami juga akan bekerja sama dengan Kepala Dinas Kesehatan akan membuat PKS untuk penempatan alumni-alumni FK Unibos bekerja di Puskesmas rumah sakit yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan," ujar dia.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024