Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, fokus merampungkan pengerjaan jembatan dan ruas jalan Paleteang - Malaga - Kabere di Kabupaten Enrekang, provinsi setempat.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Jumat, mengatakan pengerjaan ruas jalan Paleteang - Malaga - Kabere beserta jembatannya menjadi salah satu prioritas mengingat kondisi jalan yang rusak berat dan merupakan kategori lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi.

Ruas jalan ini juga menjadi urat nadi yang menghubungkan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang.

"Alhamdulillah, sedang progres rekonstruksi jalan dan jembatan pada ruas Paleteang - Malaga - Kabere di Kabupaten Enrekang. Saat ini sedang tahap penyelesaian pengaspalan dan beton di bahu jalan. Begitu juga pada jembatan yang sempat rusak hampir rampung," jelas Andi Sudirman.

Jalan ini juga merupakan jalur alternatif bagi masyarakat yang akan menuju Kabupaten Enrekang dan Toraja.

"Jalan ini merupakan jalur alternatif Enrekang ke Toraja melalui Kabupaten Pinrang dengan memangkas jarak sekitar 30 km jika dibandingkan melewati jalan nasional," jelasnya.

Adapun perencanaan untuk penanganan pada segmen yang rusak berat sekitar 2,35 km. Fokusnya terhadap jalan yang rusak berat, apalagi ruas jalan ini sebelumnya sangat terjal dan sempit, sehingga sering terjadi kemacetan.

"Penanganan termasuk untuk jalan yang sempit dan tanjakan yang ekstrem. Selain itu, dilakukan perbaikan trase jalan yang sempit dan menanjak, karena membahayakan pengendara yang melintas," tuturnya.

"Dengan penanganan ini, diharapkan pengguna jalan dapat menggunakan jalan dengan lebih nyaman," kata Andi Sudirman.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024