Mamuju (ANTARA) - Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Barat Robianto meninjau rumah tahanan (Rutan) di wilayah kerjanya, guna memastikan pelayanan warga binaan telah sesuai ketentuan.

"Makanan warga binaan rutan harus dipenuhi dengan baik, serta menyesuaikan dengan kondisi bulan ramadhan yakni pada waktu sahur dan berbuka puasa," kata Robianto, di sela-sela peninjauannya di Rutan Mamuju, Senin.

Ia mengatakan pihaknya meminta agar Rutan dapat meningkatkan pelayanan kepada para narapidana dan tahanan titipan termasuk soal makanan dan kesehatan warga binaan.

Apalagi, bagi warga binaan yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Menurut dia, momentum Ramadhan diharapkan dapat dimanfaatkan para napi untuk meningkatkan ibadah dan menjadi lebih baik.

Robianto juga meminta agar pegawai Rutan meningkatkan kedisiplinan dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya di bulan Ramadhan, karena akan dapat mendatangkan amal ibadah.

Sementara itu, Kepala Kemenkumham Sulbar Parlindungan SH MH meminta agar pegawai Rutan tetap memelihara keamanan dan ketertiban dan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap segala potensi ancaman dan gangguan.

"Waspada terhadap oknum yang memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk melakukan hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam rutan," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024