Makassar (ANTARA) - Pesona Ramadhan yang dilaksanakan para jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Profesional (J-Pro) Makassar sukses digelar di pelataran Mall Ratu Indah, 7-9 April 2023.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima di Makassar, Senin, kegiatan yang dilaksanakan khusus untuk mengasah bakat anak-anak ini diikuti sedikitnya 80 orang peserta dari berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan, hingga anak Gubernur Sulsel juga ikut unjuk bakat pada Pesona Ramadhan J-Pro.

Anak Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman atas nama Aisyah Afifah Izzatunnisa Sudirman tercatat sebagai peserta lomba Tahfiz dari SD Wihdatul Ummah Makassar.

"Ketika mendaftar, panitia tidak menyadari bila salah satu peserta kami anak dari Gubernur Sulsel, kami menyadari setelah kita lihat ada patwal dan ajudan gubernur yang mengantar anak ini," ungkap Fakra Rauf dari Divisi humas dan publikasi Pesona Ramadan J-Pro.

Menurut Fakra, walaupun sejak awal panitia tahu ada anak gubernur sebagai peserta, panitia menjamin dan memastikan tidak akan ada perlakuan khusus untuk itu.

"Untuk urusan penilaian lomba, kami serahkan sepenuhnya kewenangan juri, dan tidak diintervensi sama sekali," ungkap Fakra.

Pada lomba Tahfiz yang diikuti 35 anak tersebut, Aisyah Afifah tidak tercatat sebagai salah satu pemenang.

Pesona Ramadhan terdiri dari 3 jenis lomba, yakni, lomba Adzan diikuti 28 anak, Lomba Da"i cilik diikuti 18 anak dan lomba Tahfiz Qur'an diikuti 35 anak. Total peserta 81 anak berasal dari beberapa sekolah Islam baik dari kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros Takalar, hingga Soppeng.

Kemeriahan yang sama juga terlihat di hari kedua, Sabtu 8 April 2023 yaitu lomba da'i dan adzan. Peserta yang cukup antusias diikuti anak-anak dari sekolah-sekolah Tahfiz dan Rumah Alquran. Bahkan jadwal lomba yang diperkirakan akan selesai sebelum buka puasa, nyatanya baru selesai usai shalat tarawih.

"Hari kedua Pesona Ramadhan ini kita menggelar dua lomba yakni Lomba Adzan yang diikuti 30 peserta dan lomba Da'i 18 peserta," tambah Fakra.

Peserta dari Soppeng, rupanya tidak sia-sia datang jauh-jauh ke Makassar mengikuti lomba, sebab peserta atas nama Akifah Naila Azzahrah berhasil meraih Juara II lomba da'i.

"Alhamdulillah rasanya senang bisa ikutkan anak saya lomba dan mendapat juara dan ini menjadi motivasi untuk dia terus belajar dan mengasah bakat semoga ke depannya bisa lebih baik lagi, amin," ujar Rahayu Adri selaku ibu Akifah.

Rahayu mengatakan tidak punya target apa-apa mengikuti lomba, setidaknya anak mereka mendapat ruang unjuk bakat untuk bicara depan publik sebagai syiar agama. Juga melatih membiasakan percaya diri berbicara depan orang banyak.

Adapun para pemenang lomba Pesona Ramadan 2023 yang diselenggarakan J-Pro yaitu lomba Da'i juara I dari Sekolah Al Fityan School atas nama Keysha Azizah, juara II Akifa Naila Azzahra dari SDN 100 Dare Bunga Bungae dan Juara III Muh Rafandra Aldebaran Sofyan dari Sekolah Islam Al Fityan School Gowa.

Sementara lomba adzan yang keluar sebagai pemenang adalah, juara I Ahmad Hakim dari Mi Muhammadiyah Panampu, juara II Muhammad Ahnaf Mulfi dari SD Islam Khairu Ummah, dan juara III Andi Ahmad Zahi Bintang dari SD Islam Wahdah Islamiyah Gowa.

Pada lomba tahfiz dimenangkan oleh Alwani Hazirah, Muhammad Fauzan dan A Kaisan Afsan Darendra. Ketiganya merupakan siswa dari Al Fityan School Gowa.

Seluruh pemenang berhak mendapatkan tropi, sertifikat dan hadiah senilai total jutaan rupiah. Kemeriahan lomba Pesona Ramadhan J-Pro yang diikuti peserta lomba dari berbagai kabupaten di pelataran Mal Ratu Langi Makassar 7-9 April 2023. ANTARA Foto/HO-Panitia

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024