Makassar (ANTARA) - Sebanyak 85 wali kota se-Indonesia terkonfirmasi menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI pada 10-14 Juli 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Dari 98 kota di Indonesia, sudah terkonfirmasi siap hadir 85 wali kota, enam diwakili. Jumlah ini bertambah dari data pekan lalu yang terkonfirmasi 70 wali kota se-Indonesia siap hadir," kata Kepala Bagian Kerja Sama Sekretaris Daerah Kota Makassar Zulfitrah saat dikonfirmasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Sementara itu, terkait asosiasi pemerintah kota yang terkonfirmasi hadir dalam Rakernas itu bertambah enam asosiasi; sehingga total perwakilan asosiasi yang hadir nantinya sebanyak 91 asosiasi pemerintah seluruh Indonesia.

Terkait kesiapan Rakernas APEKSI ke-XVI, Zulfitrah mengatakan sebagai tuan rumah penyelenggara, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyatakan siap dan persiapan pelaksanaannya sudah sangat matang.

Soal tugas pokok dan fungsi (tupoksi) penyelenggaraan, dia menambahkan hal itu telah dijalankan sesuai tugas masing-masing sebagaimana kegiatan nasional dan internasional seperti Otonomi Daerah (OTDA) dan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang sukses dilaksanakan sebelumnya.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, dalam beberapa kesempatan sebelumnya, menyatakan pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya agar berjalan lancar, mengingat Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri kegiatan tersebut.

Selain itu, rapat koordinasi terus dilakukan guna membahas persiapan serta mencari solusi terhadap kekurangan pada acara berkelas nasional itu.

Ramdhan juga telah menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Makassar untuk bekerja maksimal dalam menyukseskan Rakernas tersebut, apalagi itu akan menjadi agenda terakhir acara nasional di Kota Makassar.

"Ini gengsi dan legacy-nya kami. Kami sudah berhasil menggelar OTDA dan MNEK. Jadi, kami tidak boleh menganggap enteng APEKSI. Jadilah tuan rumah yang terbaik," ujarnya.

Dalam Rakernas APEKSI tersebut, sejumlah rangkaian kegiatan digelar di Makassar, seperti Youth City Changers, Gala Dinner, Rapat Kerja, Indonesia City Expo, Fun Sport dan Penanaman Pohon, City Tour, Ladies Program, Forum Bisnis: Makassar Investment Forum, serta Investment Dinner.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024