Makassar (ANTARA) - PT. Industri Kapal Indonesia (Persero)  yang merupakan perusahaan galangan kapal BUMN meraih penghargaan pada dua kategori dalam ajang Top GRC (Governance,Risk and Compliance) Awards 2023 yang digelar Majalah Top Business.

Penghargaan tersebut di antaranya Top GRC Award #Star 4 yang diberikan kepada PT.IKI, dan The Most Committed GRC Leader 2023 yang dianugerahkan kepada Direktur Utama PT.IKI Diana Rosa.

Diana Rosa dalam keterangan tertulisnya di Makassar, Senin (11/9), mengatakan penghargaan yang diraih adalah hasil dari komitmen seluruh insan IKI untuk terus mendorong transformasi perusahaan ke arah yang lebih baik.

“Dalam dua tahun terakhir, seluruh insan IKI benar-benar fokus dalam hal transformasi bisnis dan sumber daya manusia, agar bisnis existing bisa bertahap lebih sehat. Namun demikian, untuk sustainable, perusahaan ke depannya harus tetap berproses dengan berusaha menerapkan GRC,” ujar Rosa.

Srikandi BUMN itu juga mengatakan implementasi GRC sangat membantu perusahaan dalam mengurangi risiko bisnis, serta meningkatkan efektivitas kontrol, keamanan, dan kepatuhan melalui pendekatan yang terintegrasi dan terpadu. Penghargaan TOP GRC Awards 2023 diterima langsung oleh Direktur Utama PT IKI (Persero) Ibu Diana Rosa dan Sekretaris Perusahaan PT IKI (Persero) Bapak Zulkaedi Rahim.ANTARA/HO-PT IKI

Rosa tak menampik, GRC belum dapat diimplementasikan secara komprehensif dalam bentuk yang ideal.

Namun sebagai leader, dia tak pernah lelah dalam mendorong timnya untuk mengimplementasikan GRC secara bertahap dan konsisten. Alhasil, raihan bintang (stars) IKI di tahun ini meningkat di banding tahun 2022.

“Komitmen tim yang berupaya konsisten mengawal implementasi GRC, dapat dilihat pada pencapaian Top GRC Awards tahun ini. Tahun ini kami meraih 4 bintang. Meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya 3 bintang,” lanjutnya.

Klasifikasi kategori penghargaan dalam GRC Awards didasarkan pada raihan bintang (stars). Dimulai dari bintang 1 hingga bintang 5. Semakin tinggi level bintangnya, maka semakin baik sistem, infrastruktur dan implementasi GRC di perusahaan.

Rosa berharap penghargaan yang diraih dapat menjadi motivasi bagi seluruh Insan IKI untuk terus bergerak searah dan seirama dalam memajukan perusahaan.

“Kita boleh bangga, tapi tak boleh berpuas diri. Tugas masih banyak. Kita harus berupaya meraih Bintang 5 dalam Top GRC Award di momentum berikutnya,” tutupnya.

Selain PT IKI, penghargaan ini juga diberikan kepada perusahaan ternama dari sejumlah sektor industri. Direktur Utama PT IKI (Persero) Diana Rosa (empat kanan) dan Sekretaris Perusahaan PT IKI (Persero) Zulkaedi Rahim (tiga kanan) foto bersama penerima  GRC Awards 2023 lainnya. ANTARA/HO-PT IKI

Ketua panitia M Lutfi Handayani mengungkapkan Top GRC tahun ini mengangkat tema Building Resilient Future Throuh ESG (Environment, Social and Governance) and GRC.

“Artinya, melalui kegiatan Top GRC Awards 2023, ada keinginan terus mendorong pengembangan ketahanan bisnis di masa depan melalui pendekatan ESG dan GRC. Sehingga kinerga bisnis perusahaan dapat terus tumbuh berkelanjutan,” kata Lutfi.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024