Mamuju (ANTARA) - Polresta Mamuju Provinsi Sulawesi Barat memberikan bantuan pembuatan pengeboran sumur bor dan mesin pompa air kepada warga terdampak kekeringan akibat kemarau panjang yang melanda daerah itu.

"Akibat musim kemarau yang berkepanjangan belum usai, kami terus memberikan bantuan pembuatan sumur bor dan mesin pompa air kepada warga yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih," kata Kapolresta Mamuju Komisaris Besar Polisi Iskandar, Kamis.

Bantuan pengeboran sumur bor dan mesin pompa air tersebut kata Kapolresta, diberikan di sejumlah titik di Kabupaten Mamuju.

"Hari ini, kami memberikan bantuan sumur bor dan pompa kepada warga Dusun Talibu Kalubibing, Kelurahan Mamunyu, Kabupaten Mamuju," ujar Iskandar.

Bantuan pembuatan sumur bor dan mesin pompa itu itu lanjut Kapolresta, merupakan bentuk kepedulian Polresta Mamuju dan tanggap akan situasi dari segala bentuk permasalahan di tengah masyarakat.

Apalagi tambahnya, yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kegiatan itu kata Kapolresta, akan terus dilaksanakan karena menjadi salah satu program Polri Peduli dalam hal ini Polresta Mamuju untuk selalu hadir memberi manfaat bagi masyarakat.

"Apa kesulitan masyarakat, apa keluh kesah masyarakat minimal kita bisa membantu mencarikan solusi atau jalan keluar," ujar Iskandar.

Sementara, Makmur, imam masjid Talibun Kelurahan Mamunyu menyampaikan terima kasih kepada pihak Polresta Mamuju atas bantuan pembuatan sumur bor dan pompa air tersebut.

"Sumur Bor ini sangatlah bermanfaat bagi jamaah masjid dan warga di sini yang selalu mengalami kekeringan saat musim kemarau. Jadi, kami menyampaikan terima kasi kepada pihak Polresta Mamuju yang peduli terhadap kesulitan masyarakat," ujar Makmur.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulbar mendirikan posko hidrometeorologi sebagai upaya mengatasi dampak kemarau akibat fenomena El Nino.

"Kami telah mendirikan posko hidrometeorologi untuk mengantisipasi kekeringan akibat kemarau yang disebabkan El Nino," kata Kepala Pelaksana BPBD Sulbar Amir Maricar.

Ia mengimbau masyarakat yang membutuhkan air bersih agar menghubungi posko hidrometeorologi di Kantor BPBD Sulbar.

Saat ini kata Amir Maricar, banyak masyarakat yang berada di desa kesulitan mendapatkan air bersih akibat terdampak musim kemarau panjang.

"Kami mengimbau masyarakat yang membutuhkan air bersih agar menyampaikan ke posko hidrometeorologi di BPBD Sulbar. Tim kami akan segera mendistribusikan air bersih ke lokasi yang mengalami kesulitan air bersih," ujar Amir Maricar.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024