Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menekankan kepada semua pihak agar selalu menjaga kedamaian dan ketertiban di tengah masa tahapan kampanye Pemilu 2024 hingga pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara pada 14 Februari 2024.

"Saya road show ini mengajak agar kita menyukseskan Pemilu dengan Pemilu damai. Kalau Pemilu damai ukurannya partisipasi masyarakat harus lebih baik," ujar Danny Pomanto dalam kunjungan ke kecamatan di Makassar, Selasa.

Ia pun menekankan kepada jajaran camat, sekretaris camat dan lurah banyak yang baru menjabat agar terus dan tetap berkoordinasi serta menjaga sinergisitas dengan berbagai pihak terkait demi mewujudkan Pemilu damai.

Selain itu, Danny mengharapkan agar silaturahim dan konsolidasi mesti dibangun bersama jajaran RT dan RW termasuk Dewan Lorong sekaligus memperkenalkan program prioritas Pemkot Makassar yang mesti terus diperbaharui kembali.

Danny bilang, pilihan boleh beda tetapi kecintaan terhadap Kota Makassar adalah hal yang utama.Sebagai ujung tombak setelah lurah, kata dia, RT dan RW harus sama komando, memiliki sistem monitoring yang sama dan semangat dalam menjaga kekompakan.

Oleh karena itu, Danny berpesan kepada perangkat RT/RW agar ikut dan taat kepada camat, Sekcam dan lurah selama itu demi kepentingan masyarakat sehingga semuanya berjalan lancar dan damai.

Selain itu, pria berlatar pendidikan arsitektur ini juga berpesan terkait dengan mitigasi dan siaga bencana alam dalam menghadapi musim penghujan, sebab yang terpenting ialah kebersamaan bersama masyarakat dengan mitigasi bencana.

"Cuaca buruk terutama banjir itu kan terjadi saat pasang, curah hujan tinggi dan bersamaan dengan tersumbatnya drainase. Makanya ini begitu penting antisipasi masyarakat dalam mencegah terjadinya banjir," harap dia.

Hal lainnya adalah bagaimana menghidupkan lorong wisata. Salah satunya programnya dengan menanam 5 juta cabai sesuai arahan Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Langkah itu untuk mencegah inflasi terhadap komoditi cabai. Terkait dengan kebersihan kota yang hanya bersih dalam beberapa jam saja, kemudian sampah kembali berserakan karena kurangnya kesadaran masyarakat, Wali kota dua priode ini memerintahkan camat dan lurah tegas menegakkan aturan tentang buang sampah sembarang tempat.

Sebelumnya, Danny Pomanto melakukan kunjungan ke beberapa kecamatan sebagai bentuk penguatan jajarannya dalam menjaga stabilitas keamanan di Kota Makassar.


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024