Makassar (ANTARA) - Balai Besar Kekarantiaan Kesehatan (BBKK) Makassar memperluas layanan dengan membuka cabang layanan di Bandar Udara Pongtiku Tana Toraja (Toraja), Sulawesi Selatan.

"Mulai April ini, BBKK Makassar Pos Bandara Pongtiku Tator dioperasikan, mengingat tingginya mobilitas di lokasi destinasi wisata tersebut," kata Kepala BBKK Makassar Agus Jamaludin di Makassar, Senin.

Dengan keberadaan perpanjangan tangan BBKK Makassar di Tator, kata dia, maka selain dapat mendeteksi pengunjung nusantara ataupun mancanegara kemungkinan terjangkit atau membawa penyakit tertentu, juga telah ada layanan vaksinasi baik yang akan ke luar negeri maupun yang baru datang ke luar negeri, jika terdeteksi mengidap suatu penyakit.

Hal itu dibenarkan petugas BBKK Makassar pos Bandara Pongtiku Toraja, dr Marselina.

"Kami sudah ada layanan vaksinasi internasional yakni vaksinasi meningitis meningokokkus dan yellow fever di Bandara Toraja," katanya.

Karena itu, pihaknya kini akan memperkenalkan dan mensosialisasikan ke pihak Kemenag setempat tentang layanan vaksinasi untuk jamaah yang akan umroh.

Selain itu, petugas BBKK Makassar yang di Toraja juga melakukan pemeriksaan kesehatan untuk nilai kelaikan terbang, juga pengawasan obat dan makanan di kawasan bandara maupun pesawat.

"Kami juga melakukan pengawasan pangan yang dijajakan pedagang di kawasan bandara untuk memastikan bahan konsumsi pengantar, penjemput ataupun penumpang udara itu aman," kata Marselina.*
  Pemeriksaan kelengkapan P3K pesawat oleh petugas Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Makassar pos Bandara Pongtiku Toraja, Sulsel. (ANTARA/HO-Marselina)

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024