Makassar (ANTARA) -
Organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Enrekang mendirikan posko pelayanan bagi pemudik pada Lebaran 2024 yang merupakan gabungan dari posko mudik yang sudah ada.

Posko bernama Organisasi Profesi Pro Perempuan (OPOR) Bu Bidan yang berdiri sejak Minggu (14/4) bertujuan untuk mendekatkan layanan kebidanan kepada pemudik perempuan seperti Ibu hamil, bayi, dan anak-anak.

"Layanan kesehatan kebidanan ditangani langsung oleh tenaga kebidanan yang sudah profesional dan dapat diakses  secara gratis," kata Ketua IBI Kabupaten Enrekang Syamsiah melalui keterangannya di Makassar, Senin, saat meninjau kesiapan anggotanya di posko tersebut.

Posko OPOR Bu Bidan tersebut bergabung dengan Posko Lalu Lintas Polres Enrekang di  Jalan Sultan Hasanuddin, sejak Minggu (14/4). 
 
Disampaikan juga oleh Bidan Syamsiah bahwa posko OPOR Bu Bidan merupakan rangkaian kegiatan  memperingati HUT ke-73 IBI  dan hari ulang tahun Bidan Internasional yang diperingati setiap 5 Mei secara serentak di Indonesia
 
Posko OPOR Bu Bidan dilaksanakan dua hari sebelum lebaran yakni 7 sampai 8 April 2024 dan dua hari setelah Lebaran yakni 14 sampai 15 April 2024.
 
Salah satu anggota IBI Kabupaten Enrekang Bidan Hilda Damayanti yang bertugas di posko tersebut mengatakan bahwa ada sejumlah layanan yang disiapkan yakni pemberian vitamin, susu, biskuit, air mineral, popok, bahkan pembalut wanita.
 
Hilda Damayanti mengatakan posko juga menyiapkan layanan pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh bagi perempuan, bayi dan balita serta layanan pemeriksaan umum bagi Ibu hamil.

"Kami juga menyediakan layanan keluarga berencana (KB)," tambah Hilda.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024