Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan perkembangan Kota Makassar yang diperhitungkan di Indonesia saat ini sebagian karena andil dari para saudagar.

"Jejaring saudagar kita ini sangat kuat dan terbukti banyak tempat yang maju juga karena kontribusi dari para saudagar," ujarnya usai membuka Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar (PSBM) XXIV di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Wali Kota Makassar menabuh gendang bersama Ketua Dewan Kehormatan Badan Pengurus Pusat Kerukunan Kelurahan Sulawesi Selatan (BPP KKSS) Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 yang juga inisiator PSBM.

Danny - sapaan akrab Ramdhan Pomanto menilai PSBM yang digelar itu begitu spesial dengan banyaknya petuah dan nasihat yang disampaikan Jusuf Kalla, baik secara pemerintahan, perkotaan, dan visi masa depan.

Menurutnya, PSBM jelas memberikan dampak positif bagi Makassar. Apalagi kota yang dipimpinnya merupakan penyanggah perekonomian Sulawesi Selatan.

Termasuk juga Ibu Kota Nusantara (IKN), di mana Makassar memiliki posis yang kuat untuk IKN ke depan. Sulsel, khususnya Makassar akan menjadi penyanggah ekonomi IKN.

"Jejaring saudagar kita ini sangat kuat apalagi di Kalimantan Timur kita punya jejaring KKSS yang sangat kuat. Jadi jejaring saudagar KKSS dan pertemuan ini adalah konsolidasi menyatukan kekuatan untuk menyukseskan IKN ke depan," katanya.

Pertemuan ini juga, kata Danny Pomanto menjadi ajang pulang kampung. Momen-momen seperti ini, jelas membuat ekonomi Makassar tumbuh positif.

Sebagai tuan rumah, Danny akan menjamu para saudagar Bugis-Makassar selama di Makassar. Mulai dari saling menggunakan dua Kapal Pinisi dan gala dinner di Anjungan City Of Makassar.

Selain itu, pada pertemuan ini juga dihadiri sekitar 862 saudagar Bugis-Makassar yang tersebar di seluruh Indonesia. Hadir pula Muh Aras Anggota DPR-RI dari fraksi PPP, Bupati/Wali Kota, dan Ketua BPW KKSS di 36 provinsi se-Indonesia.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024