Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan menggelar gerakan pangan murah (GPM) dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Bupati Luwu Timur H. Budiman melalui keterangannya diterima di Makassar, Rabu, menjelaskan, GPM ini dilaksanakan dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebagai upaya pengendalian inflasi jelang HBKN Idul Adha 1445 Hijriah.

"Kami berkomitmen untuk terus menjaga kestabilan harga pangan demi kesejahteraan masyarakat. Kegiatan gerakan pangan murah ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban ekonomi masyarakat menjelang perayaan Idul Adha,” ujarnya.

Budiman mengatakan dengan adanya langkah-langkah strategis seperti itu, diharapkan inflasi dapat terkendali dan masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan lebih tenang dan bahagia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Amrullah Rasyid menyampaikan, gerakan pangan murah ini merupakan bagian dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2024.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat, khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan Gerakan Pangan Murah menyediakan komoditas pangan pokok strategis antara lain : komoditas beras, bawang merah, bawang putih, aneka cabai, minyak goreng, gula pasir, telur ayam ras, telur bebek, terigu dan produk UMKM dan pangan lokal lainnya.

“Namun Komoditi yang wajib didukung adalah komoditi yang mengalami kenaikan harga dan penyumbang inflasi mingguan sesuai hasil survei BPS di masing masing kabupaten/kota,” ucap Amrullah




 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024