Makassar (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Selayar melalui Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar menyalurkan paket bantuan sosial (bansos) dari program Bakti Sosial Kementerian Sosial.
 
Penyaluran bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali didampingi Pihak Kemensos Cecep Sulaiman dan Kepala Dinas Sosial Sakmawati kepada para perwakilan masyarakat penerima manfaat di Rujab Bupati, Rabu.
 
Basli Ali berharap bansos yang diberikan ini membawa manfaat dan bisa meringankan beban para penerima.
 
"Semoga bantuan ini bermanfaat," kata dia seraya memberikan dorongan semangat kepada para penyandang disabilitas agar lebih kreatif dam percaya diri.
 
Basli mengajak seluruh pihak memberikan dukungan dalam meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan kesamaan hak-hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.
 
Mewakili pihak Kemensos RI Cecep Sulaiman menyebut total nilai bantuan dalam program Bakti Sosial yang disalurkan ke Kabupaten Kepulauan sebanyak Rp1,3 miliar lebih.
 
Bantuan ini mencakup bantuan sembako, bantuan rehabilitasi sosial untuk pemenuhan hidup layak, bantuan kewirausahaan, serta alat bantu bagi lansia dan disabilitas, seperti alat pertukangan, kursi roda bagi penyandang disabilitas, peralatan sekolah untuk anak keluarga rentan miskin dan lainnya.
 
"Penyaluran bantuan sosial ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat Kepulauan Selayar," ujar Cecep Sulaiman.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kepulauan Selayar Sakmawati menuturkan bahwa bantuan tersebut hasil koordinasi bupati dengan Kemensos yang penerimanya ditargetkan bagi keluarga rentan, lansia dan disabilitas yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
 
Sakmawati menjelaskan, jika bantuan ini sebelumnya sudah melalui verifikasi dan di assement langsung oleh Pihak Kemensos sebelum bantuan tersebut diberikan kepada penerima manfaat.
 
Penerima bantuan, seorang disabilitas Mursalim yang berprofesi sebagai tukang urut menerima bantuan berupa ranjang urut serta puluhan paket minyak urut, mengucap syukur atas bantuan yang diberikan. "Alhamdulillah senang sekali, alat ini bisa menunjang pekerjaan saya, terima kasih," ujarnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024