Makassar (ANTARA) - PLN UIP Sulawesi menyalurkan dana CSR sebesar Rp272,5 juta di lokasi proyek pembangunan transmisi baru di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

"Program bantuan senilai Rp 272,5 juta dilakukan bertahap sejak 2021 dengan bantuan 2 unit traktor tangan, kemudian 2002 bantuan bibit bawang merah dan 2023 bantuan pengelolaan bawang goreng," kata Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, Nur Aksin di Makassar, Kamis.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) pihak PLN melalui Corporate Social Responsibility (CSR), memberikan bantuan kepada petani setempat yang menjadi lokasi wilayah pembangunan transmisi baru di Kabupaten Barru.

Menurut dia, melalui Program TJSL itu sebagai salah satu dari wujud kepedulian pihak PLN untuk membantu masyarakat di Desa Lampoko dalam mengembangkan pertanian sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dari bantuan pengadaan bibit bawang sebanyak 1,6 ton tersebut akhirnya terus dikembangkan oleh masyarakat dan pada 2023 telah mengembangkan produk olahan berupa bawang goreng yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani "Bunga Desa".

Berkat bantuan dan pendampingan PLN UIP Sulawesi diraih dua penghargaan nasional yakni penghargaan platinum pada ajang penganugerahan Indonesia SGDs Award (ISDA) 2023 yang diselenggarakan oleh Corporate flForum for CSR Development (CFCD).

Sedang pada 2024 menerima penghargaan untuk program pengembangan usaha masyarakat Desa Lampoko dari Nusantara CSR Award 2024.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Lampoko Budiman di Kabupaten Barru, Sulsel.

Dia mengatakan, berkat bantuan dan pendampingan dari pihak PLN UIP Sulawesi, warga Dusun Pallae di Desa Lampoko dapat mengikuti lomba Desa Mandiri Pangan dan dan masuk kategori tersebut. Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi PT PLN UIP Sulawesi, Nur Aksin. Antara (Suriani Mappong)

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024