Makassar (ANTARA Sulsel) - Korps Pencinta Alam (Korpala) Universitas Hasanuddin Makassar melakukan ekspedisi Prancis 2014 dengan menyusuri gua terdalam di dunia Camp La St Pierre.

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal yang ikut melepas tim Ekspedisi Prancis 2014 itu di Unhas Makassar, Rabu, mengatakan, kegiatan susur gua yang akan diwakili oleh tiga orang mahasiswa Korpala Unhas itu merupakan kegiatan positif.

"Saya selaku wakil wali kota dan atas nama pribadi yang pernah ditempa di kampus merah ini memberikan apresiasi dan rasa bangga terhadap teman-teman karena sudah menjaga tradisi dalam melakukan kegiatan-kegiatan positif," ujarnya.

Ia mengatakan, ekspedisi susur gua terdalam yang dilakukan mahasiswa Unhas itu di luar negeri akan memberikan dampak yang positif karena selain melakukan susur gua juga akan memperkenalkan Kota Makassar di Prancis.

"Banyak memori yang terputar di tempat ini dan menjadi bagian penting dalam hidup, disini bersama teman duduk lesehan, menggali ilmu dan pengalaman dalam suasana memprihatinkan. Dengan semangat itu, para mahasiswa yang menempuh pendidikan juga menyadari tugasnya sebagai generasi pelanjut," tuturnya.

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu saat melepaskan mahasiswanya pun dengan penuh semangat memberikan motivasi yang tinggi kepada tim ekspedisi yang terdiri dari tiga mahasiswa tersebut, masing-masing Musarifuddin sebagai ketua team, Fahri adhe Saite, dan A Mullatawwe.

Rektor Unhas itu pun menaruh harapan kepada tim ekspedisi Prancis untuk meninggalkan jejak yang baik di tempat ataupun komunitas dimana mereka berada.

"Prancis adalah negara yang santun, sebagai orang timur tinggalkanlah jejak yang baik, jalin hubungan yang harmonis agar membuka kesempatan kepada teman-teman yang lain pula," tuturnya.

Ketua Korpala Unhas, Ibnu Munsir mengungkapkan ekspedisi yang dilakukan oleh tim ekspedisi ini merupakan rangkaian momentum ulang tahun Korpala yang ke 29 dan juga HUT Kemerdekaan RI.

Ekspedisi selama sebulan yang dilaksanakannya itu akan dimulai tanggal 26 Juli hingga 20 Agustus 2014. Dengan kegiatan ekspedisi diantaranya susur gua terdalam di dunia Camp La St Pierre.

"Kedalaman gua tersebut diperkirakan 1.408 meter. Mendaki pegunungan terpanjang dan mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi Eropa, Mont Blanc di Pegunungan Alpen. Kegiatan lainnya yakni Simposium Kars sedunia, dan Canyoning," ucapnya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024