Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Gerindra Sulawesi Selatan Latinro La Tinro La Tunrung akan mengusung empat kader internal pada pemilihan umum bupati tahun ini.

"Setelah mendengar penjelasan dari Sekjen DPP Ahmad Musani pada Rapimda yang kita gelar kemarin (25/4), maka semakin jelas jika DPC bisa mengusung cabup dan cawabup selanjutnya DPP hanya menyetujui," ujarnya di Makassar, Minggu.

Empat daerah potensial yang menjadi target pemenangan dengan kadernya itu antara lain Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Gowa, Luwu Utara serta Bulukumba.

La Tinro menuturkan, figur atau kader dari keempat kabupaten ini masih harus membuktikan kepantasannya karena tahapan pemilihan masih menyisakan delapan bulan untuk bisa bekerja lebih keras lagi.

"Belum ada hasil survei dan belum diketahui bagaimana tingkat elektabilitas dari para kader ini," katanya.

Keempat bakal calon yang kemungkinan besar diusung Gerindra itu antara lain, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kepulauan Selayar Basli Ali.

Kemudian Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel Indah putri Indriani (Luwu Utara) dan Ketua DPC Gerindra Gowa Darmawangsah Muin. Untuk kabupaten Bulukumba, masih dipertimbangkan dua kader yakni mantan Bupati AM Syukri Sappewali dan Ketua DPC Gerindra setempat Isradi Zainal.

"Kalau melihat perkembangannya, kader-kader ini siap untuk menang," kata Latinro saat menghadiri rapat pimpinan daerah Gerindra Sulsel.

Menurut La Tinro, mereka yang disebutkan baru sebatas usulan dari Gerindra Sulsel. Sebab keputusan final tentang calon usungan di daerah, merupakan keputusan mutlak berada pada Dewan Pimpinan Pusat.

Sebelumnya dalam Rapat Pimpinan Daerah Partai Gerindra Sulawesi Selatan banyak membahas mengenai posisi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dalam pengusulan bakal calon kepala daerah akhir tahun ini.

"Banyak DPC yang menanyakan posisinya dalam pengusulan itu, apakah punya hak dalam mengusulkan atau diusulkan serta dapatkah memutuskan," ujar Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di Makassar.

Rapat pimpinan daerah yang dilaksanakan di Hotel Aerotel Smile itu dihadiri petinggi Gerindra antara lain Ahmad Muzani, Mokhlas sidiq, Marwah Daud Ibrahim, Prasteyo hadi, Azikin sultan, Andi Nawir, dan dihadiri 11 kabupaten yang akan menggelar Pilkada langsung.

Sekjen Gerindra Ahmad Musani dalam Forum dialog yang dipandtu oleh Ketua DPD I Gerindra Sulsel La Tinro La Tunrung menekankan bahwa pilkada yang dihadapi Desember mendatang, DPP Partai Gerindra akan memutuskan calon sesuai dengan rekomendasi oleh DPC Gerindra.

"Usulan DPC akan menentukan keputusan DPP. Karena kenapa banyak kader di daerah yang memiliki kemampuan yang bagus dan itu akan diprioritaskan," katanya.  Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024