Makassar (ANTARA Sulsel) - Mantan Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretaris Daerah Kabupaten Bone 2012-2013, Andi Abubakar berhasil meraih gelar doktor administasi publik di PPs UNM dengan IPK 3,8 predikat cum laude, melalui desertasinya Evaluasi PNPM Mandiri Pedesaan belum tercapai maksimal.

"Kenyataan terlihat dari rendahnya efektifitas hasil dan manfaat pelaksaan PNPM di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terhadap pencapaian tujuan program peningkatan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri belum terwujud optimal," katanya di Makassar, Kamis.

Mantan Direktur Perusahaan Daerah Kabupaten Bone ini mengemukakan Keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program rendah karena masyarakat belum terlibat secara aktif dalam seluruh proses pemberdayaan.

"Faktor penghambat program adalah, tidak terlibatnya masyarakat dalam perencanaan dan penetapan dan pelatihan" beber, Sekretaris RAPI Bone tersebut.

Dosen pada STIA Prima Sengkang ini juga mempertahankan disertasinya berjudul, Evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan di Kabupaten Bone saat melakukan studi di Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone.

Selama penulisan disertasi, lanjutnya dibimbing Promotor, Prof Dr Murtir Jeddawi, Kopromotor, Prof Dr Darman Manda, dan Dr Anwar Ramli. Untuk penguji internal Prof Dr Suradi Tahmir, dan Prof Dr Haedar Akib, Prof Dr Fakhri Kahar.

Sedangkan penguji eksternal Dr H Syamsu Alam. Turut hadir pada promosi doktor tersebut yakni, Ketua Prodi S3 Sosiologi yang juga putra Bone Prof Dr Andi Agustang, Direktur PPs-Prima Sengkang Dr Said Saggaf, mantan Sekertaris Dewan DPRD Bone, Dr H Andi Sumardi Suaib dan undangan lainnya.

Diketahui Andi Abubakar lahir di Bone pada 12 Juni 1976. Tamat SMAN 1 Mandonga Kendari 1994. STPDN Jatinangor 1998. S1 Politik Fisip Unhas 2002. S2 Administrasi Pembagunan PPs-UNHAS 2009. Kepala Urusan Perencanaan Camat Herlang Kabupaten Bulukumba 1999-2000. Kepala Bagian Ekonomi Sekertaris Daerah Bone 2006-2011 dan Kabag Keagrarian Setda Bone 2011-2012.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024