Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Nabire Provinsi Papua dan anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara melakukan studi banding di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Kedua rombongan diterima  oleh Sekretaris Daerah Bantaeng, Abdul Wahab, didampingi Kepala PMD Bantaeng, Irvandi Langgara, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Rita Pasha, Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Ikhsan dan Sekretaris Dinas Pertanian serta Kabid Sosbud Bappeda Bantaeng di Bantaeng, Senin.

Rombongan Pemkab Nabire berjumlah 14 orang dipimpin Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Nabire Endang Subekti sedang anggota DPRD Bolaang Mongondow berjumlah delapan orang dipimpin anggota Fraksi PDIP DPRD Bolmong Ruslan Pahutungan.

Endang Subekti mengatakan Kabupaten Nabire tidak jauh berbeda dengan Bantaeng sehingga memilih Kabupaten Bantaeng menjadi tujuan belajar dan berbagi Program-Program pembangunan.

"Maksud kedatangan kami ingin mengadopsi kesuksesan dan keberhasilan dari inovasi-inovasi yang sudah dilakukan dan dicapai di Bantaeng agar bisa kami terapkan di Nabire," ungkap Endang.

Dia menambahkan akan mengulas kajian di bidang kesehatan, pertanian dan penanganan persampahan, karena beberapa bidang tersebut yang menjadi andalan di Kabupaten Bantaeng.

Sementara Ruslan Pahutungan menuturkan berkunjung ke Bantaeng untuk mengulas persoalan PMD, terkait pengelolaan dana desa dan BUMDES.

"Kami ingin meminta kiat-kiat apa saja yang harus dilakukan untuk dapat mendekati kemajuan yang sudah dicapai Bantaeng dan membutuhkan 'sharing' informasi," ujar Ruslan..

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024