Makassar (ANTARA Sulsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenag Sulsel) akan membuat khutbah Jumat seragam untuk menangkal paham radikalisme.

"Khutbah seragam ini akan dibuat secepatnya, Insyaallah pekan pertama Januari 2016 akan dibacakan," kata Kepala Kantor Kemenag Sulsel H Abdul Wahid Thahir seusai menemui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Rabu.

Khutbah Jumat seragam yang akan dibacakan khatib ini, katanya, bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui pembangunan di Sulsel dan generasi muda dapat terhindar dari paham radikal.

"Selama ini kami berupaya bersinergi dengan Pemprov Sulsel dalam pembangunan, khususnya keagamaan. Kalau agama jalan baik, maka semua akan baik," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan khutbah seragam tersebut, terkait penguatan aqidah dan penanaman nilai nilai akhlakul karimah.

Menurut Syahrul, masyarakat perlu diingatkan untuk tetap menjaga tatanan kemasyarakatan melalui penguatan aqidah islamiyah dan penanaman nilai nilai akhlak melalui khutbah Jumat.

Lebih lanjut, ia mengatakan, masyarakat Sulsel bisa lebih baik dan sejahtera jika Kemenag Sulsel memainkan perannya dengan baik sebagai salah satu pilar dari kemajuan itu. Tapi, Kemenag tidak bisa sendiri, harus bersama instansi lainnya.

"Tahun 2016, kita harus bertekad, memulai gerakan yang lebih pasti. Tahun 2015 ini sudah mampu dilewati dengan baik," kata Syahrul.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024