Dinas KISP perkuat keamanan cyber dukung pilkada

id kisp sulsel,ciber,pilkada,andi hasdullah

Kepala Dinas KISP Sulsel Andi Hasdullah (FB)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (KISP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Hasdullah memperkuat keamanan cyber untuk mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

"Kami melakukan penguatan cyber dari berbagai potensi ancaman yang bisa mengganggu sistem teknologi informasi kita, utamanya dalam menyongsong Pilgub, Pilkada, Pilpres, dan Pileg mendatang," kata Kepala Dinas KISP Sulsel Andi Hasdullah di Makassar, Rabu.

Dia melanjutkan, ada beberapa langkah yang sudah dilakukan pihaknya. Seperti literasi edukasi terutama terhadap netizen,? bahkan lebih khusus kepada para anak-anak muda yang memiliki potensi menjadi hacker untuk membangun jiwa nasionalisme.

"Kami berharap para hacker ini bisa membantu pemerintah dalam rangka ketahanan cyber dan tidak melakukan sebaliknya alias tidak merusak sistem jaringan informasi," kata dia.

Pihaknya, kata dia, juga melakukan pembinaan khusus kepada para anak muda agar memiliki kemampuan teknologi yang tinggi sehingga menjadi garda terdepan dalam melindungi negara kesatuan Indonesia dalam bidang teknologi informasi.

Ia mengatakan menjaga keamanan cyber bukan hanya tugas satu atau dua orang saja, semua harus bergandeng tangan satu dengan yang lain.

"Apalagi di era sekarang dimana arus informasi sangat kencang, masyarakat harus cerdas dalam memilah berita yang beredar apakah masuk hoax atau tidak," ucapnya.?

Selain itu, lanjutnya, munculnya hacker-hacker andal yang mampu merusak jaringan informasi juga patut diwaspadai.

"Jangan sampai muncul kekhawatiran di masyarakat bahwa sistem teknologi yang dibangun dimanfaatkan kelompok atau jaringan tertentu, ini yang harus diwaspadai" pungkasnya.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar