Kemenkes bantu 72 komputer bagi puskesmas di Makassar

id Kemenkes,Komputer,Puskesmas

Kemenkes bantu 72 komputer bagi puskesmas di Makassar

Ilustrasi komputer (ANTARA FOTO/Noveradika)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan bantuan komputer dan printer kepada semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Makassar untuk mengoptimalkan pelayanan datanya.

"Kami ke Makassar untuk menyerahkan bantuan komputer dan printer kepada Puskesmas agar pengolahan datanya bisa dioptimalkan," kata Tim Leader Kemenkes, Isti Ratna Ningsi, di Makassar, Kamis.

Ia mengemukakan, bantuan hibah komputer dan printer demi penguatan data informasi dan pelayanan kesehatan agar semua data-data dari Puskesmas bisa terhubung langsung dengan kemenkes.

Isti mengatakan paket komputer dengan spesifikasi yang termutakhirkan itu nantinya harus dihubungkan dengan jaringan internet agar data yang dibutuhkan kemenkes bisa terpantau.

"Harus didukung peralatan yang memadai dengan sistem online dan terhubung langsung ke Kemenkes. Apalagi beberapa Puskesmas masih mengunakan sistem dengan data yang manual sehingga data kurang akurat karena adanya human error," katanya.

Dia menyatakan bantuan berupa komputer dan printer juga diberikan ke Puskesmas - Puskesmas lainnya di beberapa daerah di Indonesia agar semua sistem bisa terhubung.

"Sebelum penyerahan ini dilakukan studi banding ke beberapa Puskesmas di daerah lainnya dan melihat implementasinya. Kami berharap dengan adanya komputer baru ini bisa mendapatkan data-data akurat, baik dan tepat waktu," ujar Isti.

Kadis Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin mengatakan, dalam upaya meningkatkan dan memperkuat pencapaian kualitas data kesehatan yang lebih baik dibutuhkan upaya untuk memperkuat sistem kesehatan nasional melalui penguatan kualitas data sistem informasi kesehatan.?

"Kota Makassar telah menetapkan pendekatan teknologi informasi dalam pelaksanaan visi pembangunannya. Hal ini tertuang dalam program `Makassar Smart City` yang menekankan pendekatan teknologi informasi dalam melaksanakan pembangunan oleh Pemkot Makassar," katanya.

Menurut dia, pendekatan teknologi informasi ini adalah salah satu fokus Pemkot Makassar untuk menghasilkan kebijakan yang optimal.?

"Program ini telah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar periode 2014 - 2019," kata Naisyah.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar