RSKD Dadi target raih akreditasi Maret 2019

id rskd dadi,direktur rsdk,dr arman,target akreditasi,makassar,sulsel

Suasana Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi di Makassar, Sulawesi Selatan. FOTO/Istimewa

 Makassar, (Antaranews Sulsel) - Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Provinsi Sulsel Dadi (Stroke Center) menargetkan meraih akreditasi rumah sakit bintang 3 atau 4 pada Maret 2019.

"Untuk mencapai target tersebut, kami tengah menggenjot pembenahan untuk sertifikasi RS pada Maret 2019. Ini merupakan kali pertama sertifikasi sejak rumah sakit ini dibangun," kata Pelaksana Tugas(Plt) RSKD Dadi, Dr Arman Bausat di Makassar, Kamis.

Dalam mencapai target itu, lanjut dia tentu dengan berbagai perbaikan dan pembenahan yang dilakukan utamanya dalam segi pelayanan.

"Saya tidak mau terlalu berfikir untuk capai paripurna dulu, targetku bintang 3 atau 4 saja, tidak usah bintang 5," tambahnya.

Berdasarkan pengalamannya, Dr Arman mengakui untuk mencapai bintang 5 cukuplah sulit, meski ia telah berhasil mencapai akreditasi tersebut saat menjabat sebagai Direktur RS Haji.

Alasannya, lahan rumah sakit yang begitu luas dianggap masih membutuhkan banyak pembenahan.

Kendati demikian, upaya mencapai akreditasi sudah mulai digenjot dengan memenuhi segala persyaratan yang ada mislanya perbaikan managemen, Pokja-pokja siapkan dokumentasi, SOP, penataan gedung, serta tata letak ruang.

"Sebab tata letak RS ini sebenarnya tidak memenuhi standar,tapi inikan sudah 10 tahun yang lalu," katanya.

Rencananya, rapat untuk merampungkan dokumen-dokumen prasyarat sertfikasi RS akan segera dirampungkan, setelahnya akan dilanjut dengan pelatihan-pelatihan.

Penyegaran Sumber Daya Manusia (SDM ) sebenarnya telah dilakukan, hanya saja kata Arman perlu diulang-ulang sebab waktu akreditasi Maret nanti tidak lama lagi, sehingga tatkala sudah waktunya maka para SDM yang ada akan jauh lebih siap.
Pewarta :
Editor: M Darwin Fatir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar