PNUP-DASTC kerja sama pelatihan operator pembangkit listrik

id pnup

Politeknik Negeri Ujung Pandang (Istimewa)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan PT DAS Aviation Training Centre (DATC) bersepakat membangun kerja sama kemitraan jangka panjang untuk bersinergi dalam mendukung daya saing program vokasi PNUP bidang Operator Training Simulator (OTS) pembangkit listrik.

Kerja sama kedua pihak tersebut dituangkan dalam perjanjian yang ditandatangani oleh Pembantu Direktur I PNUP Ahmad Zubair Sultan PhD dan Direktur Utama PT DATC Ikhsan Amin, MSc di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

"Kerja sama yang dibangun antara PNUP dengan PT DATC bertujuan untuk mendukung peningkatan standar mutu pendidikan vokasi di PNUP sehingga nantinya akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing, yang dibuktikan melalui surat keterangan pendamping ijazah untuk kompetensi pembangkit listrik," ujar Ahmad Zubair Sultan.

Selain itu, kata dia, PNUP dapat mengetahui perkembangan seputar bidang pembangkit listrik, sehingga kurikulum yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan pangsa pasar dan dunia kerja.

Direktur Utama PT DATC Ikhsan Amin mengatakan perusahaan yang dipimpinnya saat ini mengantongi lisensi dari Simgenics Amerika Serikat untuk mengadakan pelatihan di bidang OTS yang merupakan pertama dan satu-satunya pelatihan operator pembangkit berbasis simulator di Indonesia.

OTS dapat menjadi sarana peningkatan kapasitas insinyur dan operator di bidang pembangkit listrik karena telah disediakan fasilitas untuk mengenal prosedur operasi pembangkit listrik yang terintegrasi. Hal tersebut tentu saja sangat memudahkan pekerjaan terkait pembangkit listrik.

Dalam nota kesepahaman antara PNUP dan PT DATC tertuang sejumlah bentuk kerja sama seperti pelatihan bagi dosen penyelenggaran program pelatihan OTS bagi mahasiswa yang memilih peminatan OTS sebagai kompetensi keahlian, penelitian, dan pengembangan perancangan pembangkit listrik, serta pengembangan laboratorium OTS.

Selain itu PNUP juga akan dikembangkan sebagai lembaga penyelenggara pelatihan OTS untuk wilayah Makassar dan sekitarnya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar