RSKD Sulsel siapkan perawatan khusus caleg gagal

id rskd dadi,Arman Bausat,Plt Dirut RSKD Dadi Sulsel,caleg gagal,pemilu 2019

Plt Dirut RSKD Dadi Sulsel, Dr Arman Bausat (ANTARA Foto/NS Wardyah)

"Kami sudah adakan pertemuan dengan dokter ahli jiwa untuk antisipasi setelah pemilu ada yang bermasalah kesehatan atau kejiwaannya," katanya.
Makassar (ANTARA) - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Sulawesi Selatan menyiapkan Ruang VIP (Veri Important Person) bagi para calon legislatif (caleg) gagal.

Plt Dirut RSKD Dadi Sulsel, Dr Arman Bausat di Makassar, Rabu, mengaku ada tujuh ruangan VIP yang tengah dipersiapkan untuk melayani gangguan kesehatan baik secara fisik maupun mental untuk para caleg gagal ini.

Selain itu, pihak rumah sakit telah melakukan rapat khusus dengan sejumlah dokter dan staf pelayanan untuk menghadapi kemungkinan adanya caleg depresi.

"Kami sudah adakan pertemuan dengan dokter ahli jiwa untuk antisipasi setelah pemilu ada yang bermasalah kesehatan atau kejiwaannya," katanya.

Menurut Arman, caleg gagal ini bisa saja mengalami dampak psikis yang panjang sehingga harus segera ditangani. Sebab jika terlambat, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan emosionalnya, paling parah berdampak pada psikisnya.

Karena itu juga, Dr Arman menawarkan dan menyiapkan bukan hanya terapi medis tapi juga terapi spritual, dengan pelayanan pasien tiga kali sepekan. Ada tenaga spritual dari agama Islam dan juga Kristen.

"Jadi kita sudah lama punya ustad dan pendeta, ini sudah program lama. Tapi memang untuk caleg ini sangat perlu terapi spritual," ungkapnya.

Bersamaan dengan itu, Dr Arman mengimbau kepada seluruh perawat agar kerja cepat apabila ada pasien caleg gagal yang datang. Beberapa langkah persiapan lainnya juga telah dilakukan, seperti pemenuhan obat-obatan hingga psykolog.

"Dokter spesialis jiwa dan psykolog juga sudah siap. Selain itu, ruang perawatan mulai dari bangsal hingga VIP sudah tersedia," tandasnya.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar