Gubernur Sulsel: KKN jangan hanya bangun patung

id kkn,gubernur sulsel,nurdin abdullah,patung

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah memberikan keterangan pers di Makassar Senin (21/1/2019). (Dok. ANTARA Foto/Abd Kadir)

Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah meminta pihak perguruan tinggi agar memberikan keterampilan atau keahlian sehingga mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lapangan, tidak hanya mampu membuat patung "Selamat Datang" di lokasi KKN mereka.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Makassar, Senin, menyoroti sejak dirinya jadi mahasiswa sampai saat ini, masih saja program dan kegiatan KKN itu sebatas membuat patung dan pembatas desa.

"Bahkan saya pikir mahasiswa KKN ini jangan diberangkatkan dengan bekal bikin patung dan data potensi desa, sekarang bukan lagi begitu, tetapi harusnya datang ke masyarakat," katanya.

"Waktu tiga bulan itu seakan-akan tidak ada waktu dan tidak cukup untuk tiga bulan. Sejak saya KKN sampai hari ini hanya buat patung," katanya pada satu acara di Makassar.

Oleh karena itu, Nurdin mengajak semua pihak terkait, terutama pimpinan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk melatih mahasiswa sebelum turun KKN.

Perguruan tinggi juga perlu membuat pelatihan terlebih dahulu sebelum menurunkan anak didiknya. "Libatkan perguruan tinggi untuk melakukan pelatihan dan birokrasi (pemda) harus berkoordinasi dengan teman-teman perguruan tinggi," katanya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar