Kapal pesiar berpenumpang 332 wisatawan sandar di Sabang

id Kapal Pesiar, MS Europa, Pelabuhan CT3 BPKS, Kota Sabang, Aceh

Kapal Pesiar MS Europa berbendera Bahamas sandar di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Minggu (14/4/2019). (Isra/Humas BPKS).

Sabang (ANTARA) - Kapal pesiar MS Europa berbendera Bahamas yang membawa 332 wisatawan mancanegara sandar di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dan melakukan kunjungan wisata di pulau terluar paling barat Indonesia, Minggu.

"Kapal pesiar ini dalam rangka kunjungan wisata ke Sabang dan membawa 332 wisatawan mancanegara. Kemudian, jumlah awak kapal keseluruhan 226 orang," sebut Plt Kepala BPKS Razuardi melalui Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS Zulkarnaini Abdullah usai penyambutan Kapal pesiar tersebut di Pelabuhan Sabang.

Kapal pesiar dengan gross register tonnage (GRT) 28,890, netto register ton (NRT) 9.205, panjang 198,60 meter dan bernomor International Maritime Organization (IMO) 9183855 bertolak dari, Ko Rok Nok (Thailand) dan Sandar di Pelabuhan CT3 CT3 BPKS pada pukul 10:00 Wib.

Kapal pesiar dengan nahkoda Hartmann Olaf Otto itu disambut tarian tradisional etnis Aceh dan seratusan penumpang dari berbagai negara di Asia, Eropa serta Afrika melakukan kunjungan wisata di Sabang, Provinsi Aceh.

Kemudian, para wisatawan penumpang kapal pesiar tersebut juga turun dari atas kapal, lalu berjalan kaki dan sebagian diantaranya menggunakan jasa angkutan umum berkunjung ke sejumlah destinasi wisata bahari dan peninggalan sejarah yang tersebar di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSNP).

Pihaknya juga menggelar bazar di area Pelabuhan CT3 BPKS dan menjajakan ragam souvenir khas Aceh seperti, gantungan kunci, dompet, tas hingga makanan ringan.

"Dominan wisata turun dan menggunakan jasa angkutan umum serta melakukan kunjungan wisata. Pukul 18:00 Wib kapal pesiar ini akan bertolak ke India," ujar dia.

Kunjungan kapal pesiar tersebut juga disambut Plt Kepala BPKS Razuardi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Jamaluddin dan unsur Forkopimda se-Kota Sabang.

"Syukur Alhamdulillah kunjungan kapal pesiar terus meningkat ke Sabang. Kami terus bersinergi mempromosikan potensi wisata Sabang agar kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara terus meningkat," kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin saat dimintai tanggapannya terkait kunjungan kapal pesiar tersebut.

Sejak Januari hingga April 2019, sebanyak lima kapal pesiar sudah sandar di Sabang, Provinsi Aceh yakni MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner, MS Silver Discoverer, terakhir MS Albatros dan MS Europa.

Pada 2019 sebanyak empat kapal pesiar lainnya yakni, MS Europa, MS Azamara Quest, MS Seabourn Encore, MS Boudicca, Marella Discovery dan MS Seabourn Ovation sudah mengonfirmasi akan melakukan kunjungan wisata ke Sabang.

Objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan asing dan lokal ketika berlibur ke Sabang, meliputi hamparan pantai pasir putih Iboih dan Sumur Tiga yang menghadap ke Samudera Hindia dan Selat Malaka serta destinasi wisata heritage lainnya seperti Benteng-Benteng Jepang.

BPKS mencatat, kunjungan kapal pasiar dari mancanegara ke Sabang, pada 2018 sebanyak enam kapal dan sepanjang 2017 ada tiga kapal melakukan kunjungan wisata ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar