Ketua PMI Makassar ajak warga donor darah

id Hari Donor Darah Sedunia, Donor darah di Makassar, PMI Makassar

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI. ANTARA Foto/HO/Humas Pemkot Makassar

Makassar (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI, mengajak seluruh lapisan masyarakat turut berpartisipasi mendonorkan darahnya pada peringatan Hari Donor Darah sedunia yang digelar setiap 14 Juni.

"Mari bersama kita berdonor darah, dengan donor darah secara teratur, kita telah turut menyelamatkan nyawa sesama sepanjang tahun," ujar Deng Ical sapaannya di Makassar, Jumat.

Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah sedunia tersebut, PMI Makassar telah menyiapkan gerai donor darah di pusat perbelanjaan hingga tempat ibadah. Seperti Mall Ratu Indah dan Masjid Al Markaz Al Islami Makassar sejak 13-14 Juni.

Selain itu, kantor PMI Makassar yang bertengger di Jalan Lanto Daeng Pasewang selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin mendonorkan darahnya.

Kegiatan sosial donor darah ini juga bakal dilaksanakan di Area car free day, Jalan Boulevard Makassar.

Deng Ical mengemukakan, hari donor darah sedunia, yang diperingati setiap tanggal 14 Juni dipilih dari kelahiran Karl Landsteiner selaku penemu sistem golongan darah A B, AB dan O. Penghargaan nobel pun berhasil dikantonginya.

Hari donor darah sedunia berfungsi untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya darah yang aman dan produk darah.

Tidak lupa, pihak PMI juga menyiapkan apresiasi kepada setiap pendonor dengan menyediakan kupon undian door price bagi pendonor atas pemberian darah sukarela mereka untuk menyelamatkan jiwa.

"Ini sebagai wujud apresiasi dunia kepada para pendonor. Kami dari PMI mengucapkan terima kasih atas wujud sikap peduli kepada sesama," ucap dia.

Adapun berbagai hadiah menarik yang disediakan oleh panitia seperti televisi, sepeda, kompor gas, ponsel dan jam tangan.


 

Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar