Warga Makassar antusias donor darah di Hari Donor Darah Sedunia

id Hari Donor Darah Sedunia, PMI Makassar, Donor Darah

Suasana gerai PMI di Mall Ratu Indah Makassar yang dipadati sejumlah pendonor darah dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2019. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Warga Makassar secara sukarela dan antusias mendonorkan darahnya dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia,  tampak dari antrean di gerai Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar yang berada di Lantai III Mall Ratu Indah (Mari) Makassar.

"Lumayan banyak hari ini, sejak kemarin. Sekarang sudah lebih dari 20 orang, kami belum tahu pasti totalnya berapa karena belum direkapitulasi. Itupun banyak yang harus pulang karena tidak memenuhi kriteria sebagai pendonor," kata seorang petugas PMI yang enggan disebut namanya.

Seperti salah satu calon pendonor darah, Nur Jannah yang ditemui di gerai PMI MARI Makassar mengatakan, sudah lama ingin mendonor karena terakhir kali donor sekitar tiga tahun lalu. Apalagi dirinya tahu bahwa hari ini (14 Juni) merupakan peringatan Hari Donor Darah serunia

Hanya saja, kata Nur Jannah, mengaku tidak berhasil memenuhi kriteria sebagai pendonor lantaran kadar HB (Hemoglobin) dianggap tidak memenuhi kriteria.

Ketua PMI Makassar, Dr Syamsu Rizal menyampaikan, untuk menjadi pendonor memang harus memenuhi beberapa syarat mutlak mendonorkan darah salah satunya adalah kesehatan pendonor yang bisa diketahui melalui pemeriksaan sebelum transfusi darah.

"Bahkan jika stok darah di PMI kosong, kami tidak akan pernah menyalahi prosedur tetap (protap) yang telah ditentukan untuk melakukan proses donor darah," katanya.

Pada kesempatan itu, mantan Wakil Wali Kota Makassar ini juga mengaku berbagai pihak sangat antusias dan memberikan respon positif pada peringatan Hari Donor Darah dengan menyumbangkan darahnya. Itu tampak dari lembaga perusahaan, komunitas hingga masyarakat sipil.

Disebutkan, sedikitnya 600 kantong darah telah diperoleh pada gelaran donor darah dua hari ini (13-14 Juni) dalam rangka memperingati Hari Donor Darah.

"Alhamdulillah, banyak yang datang ke lokasi donor darah PMI dua hari ini, 13-14 Juni. Tapi memang ini baru selesai lebaran jadi aktivitas belum begitu pulih. InsyaAllah kami harapkan kedatangannya mendonor pada lokasi Car Free Day di Boulevard Makassar, Minggu nanti (16/06)," katanya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar