Danlantamal VI Lepas Pelantara Sail Sabang

id lantamal vi, pelantara sail sabang, yusup

Foto arsip - Genderang Suling Gita Jala Taruna berlatih musik ketika KRI Bima Suci bersandar di Jeddah, Arab Saudi, Senin (16/10). Latihan tersebut persiapan keikutsertaan KRI Bima Suci pada Sail Sabang 28 November 2017. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Makassar (Antara Sulsel) - Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup melepas secara resmi 15 orang peserta Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Selatan tahun 2017.

"Selamat mengikuti kegiatan Pelantara VII tahun 2017 dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini bermanfaat untuk bekal ke depan nantinya serta jaga kesehatan dan tetap semangat dalam mengikuti semua kegiatan tersebut," ujar Laksma TNI Yusup di Makassar, Jumat.

Adapun 15 orang peserta Pelantara VII yang terdiri dari 12 anggota Pramuka Saka Bahari, satu orang pembina dan satu orang pimpinan kontingen Kwarda Sulawesi Selatan yang didampingi oleh Mayor Laut (KH) Mochtar Panji Lapola.

Ia mengatakan, para peserta Pelantara ininantinya akan bergabung dengan ratusan anggota pramuka se-Indonesia dengan menumpangi KRI Banda Ceh (BAC) ? 593 yang kemudian akan mengikuti kegiatan Pelantara mulai tanggal 20 November hingga 17 Desember 2017 di Pulau Sabang Aceh Sumatera Barat.

Danlantamal VI dalam pengarahannya menyampaikan sebagai generasi muda Sulawesi Selatan harus menjaga budaya kearifan lokal dan jiwa Kebaharian yang selama ini telah dikenal oleh masyarakat Indonesia lainnya.

Dengan kegiatan seperti ini, para anggota Pramuka Saka Bahari Kwarda Sulsel juga dapat lebih mengenal tentang Kemaritiman dan sebagai ajang silaturahmi dan pemersatu antaranggota Pramuka Saka Bahari yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia.

"Mari jaga kekompakan dan jadikan ini adalah pembelajaran untuk menambah pengalaman dan memperluas relationship. Jaga budaya kearifan lokal dan jiwa kebaharian yang selama ini telah dikenal luas oleh masyarakat," jelasnya.

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sail Sabang tahun 2017 mengambil tema kegiatan "Dengan Semangat Kebersamaan Kita Bangun Generasi Muda Saka Bahari Yang Berjiwa Patriotik".

Kegiattan ini juga nantinya akan dilaksanakan di pulau terluar yaitu pulau Sabang Banda Aceh yang merupakan batas wilayah barat dari Perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tujuan kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) adalah meningkatkan kecintaan pemuda terhadap tanah air dan meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda,

Juga meningkatkan kecintaan kebaharian di kalangan pemuda, mengembangkan jiwa wirausaha dan industri kebaharian dan kemaritiman di kalangan pemuda, meningkatkan persatuan dan kesatuan dikalangan pemuda dalam kerangka NKRI, Melaksanakan pembinaan pada generasi muda Saka Bahari dalam kerangka National Character Building.

Adapun rute pelayaran Pelantara VII Sail Sabang Tahun 2017 yaitu Jakarta-Batam-Belawan-Sabang (Sail Sabang)-Pariaman (Padang)-Bengkulu kemudian kembali lagi ke Jakarta.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar