Makassar, (Antaranews Sulsel)- Ribuan orang mengikuti olahraga jalan santai, senam, sepeda santai, dan lari, yang menjadi bagian dari kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah, mengatakan kegiatan yang dipusatkan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel itu adalah bagian dari upaya melawan kanker. 

"Pola hidup dan pola makan menjadi pemicu munculnya kanker. Terutama stres," ujarnya.

Kegiatan olahraga peringatan hari kanker tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan berbagai kegiatan lain yang kesemuanya untuk hidup sehat tanpa kanker.

Panitia Divisi Olahraga, dr Fahriansjah, menjelaskan, tujuan acara ini sebagai bentuk sosialisasi olahraga, makan sehat, pola hidup sehat, dan upaya bersama-sama memerangi plastik yang saat ini sudah banyak diduga sebagai salah satu penyebab kanker.

"Kita berharap semua masyarakat Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi untuk sama-sama memerangi plastik," ujarnya.

Salah seorang peserta, Wahyuni, mengapresiasi kegiatan ini sebagai dalam rangka upaya melawan kanker.

"Kita ikut berolahraga di kegiatan ini sebagai upaya untuk hidup sehat dan melawan kanker ini. Ini bagus, saya datang bersama teman sekira 50 orang," ujarnya.

Sehari sebelumnya telah dilaksanakan rangkaian kegiatan, termasuk acara Seminar Nasional di Gedung Pertemuan CPI itu dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia Cabang Sulsel yang dipimpin Liestiaty Fachruddin Nurdin Abdullah.

Peringatan Hari Kanker Sedunia di Indonesia dipusatkan di Makassar. Berbagai kegiatan yang dilakukan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia adalah seminar nasional yang dirangkaikan musyawarah daerah di Gedung Pertemuan CPI, Pantai Losari Makassar, jamuan makan malam dan pengumpulan dana serta olahraga.

Rangkaian acara baik seminar dan olahraga juga dihadiri oleh Penjabat Sekprov Sulawesi Selatan Ashari FR, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Plt Kadinkes Provinsi Sulawesi Selatan Bachtiar Baso, Ketua YKI Pusat, Prof Dr dr Aru Sudoyo, Sp PD-KHOM, Ketua YKI Provinsi Sulsel, Ketua Persatuan Onkologi Indonesia SulSel - Prof Dr dr Syahrul Rauf Sp.OG(K) sekaligus ketua panitia acara.

Selain itu juga Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Dr. Slamet, MHP mewakili Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : M Darwin Fatir
Copyright © ANTARA 2024