Makassar (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar, Sulawesi Selatan, berencana menambah dua instalasi air untuk mencapai target Pembangunan Milenium atau Millennium Developments Goals (MDG's) sebesar 80 persen pada sebuah wilayah untuk cakupan penggunaan air bersih.

Direktur Keuangan PDAM Makassar, Asdar Ali di Makassar, Rabu menyampaikan, tahun 2021 akan menambah dua instalasi air di daerah Barombong dan Sudiang Kecamatan Biringkanaya yang hingga saat ini masih kesulitan air bersih.

"Sekarang PDAM baru bisa mencakup 72-74 persen. Padahal target MDGs itu 80 persen. Jadi rencananya di Timur Kota kemungkinan kita akan membangun instalasi supaya daerah ujung seperti Sudiang dan Biringkanaya bisa terjangkau. Insyaallah," ungkapnya.

Pada instalasi air bersih di Timur Kota ini direncanakan debit airnya mencapai 2x100 liter/detik yang juga akan ditunjang pompa (penampungan) reservoar dari Kawasan Industri Makassar untuk lebih jauh menjangkau.

Selain itu pada wilayah Barombong, instalasi air bersih yang akan dipasang direncanakan dengan debit air 50x2 liter per detik yang diprediksi bisa mencakup sekitar 15.000 pelanggan.

Asdar Ali menyebutkan bahwa pihaknya telah memasang pipa di daerah tersebut, tetapi hingga saat ini belum terisi air.

"Makanya kita akan bangun instalasi di sana dan instalasi ini nanti yang akan mengisi pipa-pipa yang sudah dipasang," sambungnya.

PDAM Makassar juga berencana meningkatkan kapasitas debit air pada sejumlah instalasinya, seperti di Panaikang dari 1.300 liter/detik menjadi 1.500, Macini Sombala dari 300 liter/detik rencananya ditingkatkan menjadi 400 liter/detik.

Asdar mengemukakan saat ini PDAM Makassar berusaha meningkatkan pelayanan dan penurunan kehilangan air menjadi prioritas di masa pandemi. Itu dilakukan dengan memaksimalkan peremajaan terhadap pipa-pipa PDAM dalam memaksimalkan suplai air ke masyarakat.

"Kita lakukan rehabilitasi jaringan seperti pipa asbes dan galvanis diganti pipa HDPE, kualitas bagus yang bisa bertahan sampai 50 tahun. Selain elastis juga bagus kualitasnya. Peremajaan sudah dilakukan, perawatan pompa-pompa juga kita lakukan," paparnya.


Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024