Makassar (ANTARA) - Direktur Utama PT Pelindo IV Prasetyadi mengatakan, integrasi dari PT Pelindo I, II, III dan IV dalam waktu dekat akan mendukung peningkatan kinerja jasa kepelabuhanan di Indonesia.

"Mudah-mudahan kalau lancar 1 Oktober tahun ini, empat Pelindo akan terintegrasi menjadi BUMN Pelabuhan dan ini akan mendorong peningkatan kinerja," kata Prasetyadi di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, berbagai langkah dan upaya sedang dilakukan menyambut integrasi Pelindo itu, mulai dari menyiapkan legalistasnya hingga pembenahan infrastruktur di lapangan.

Karena itu,  Pelindo IV yang membawahi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, seluruh Sulawesi Maluku, Maluku Utara dan seluruh Papua, juga sudah dipersiapkan menghadapi sinergitas dan integrasi pelabuhan itu.

Sementara dari sisi kinerja, PT Pelindo IV pada semester I 2021 masih tumbuh di masing-masing anak cabang, baik dari logistik maupun pendapatan setelah pajak masih bertumbuh kendati dalam kondisi pandemi COVID-19.

Sebagai gambaran, dari sisi kunjungan kapal mengalami peningkatan 16,62 persen dari realisasi Semester I 2020. Hal ini dipicu oleh peningkatan kegiatan kapal domestik yang mengakut kebutuhan masyarakat selama pandemi dan peningkatan arus kunjungan kapal curah cair non BBM, serta beroperasinya kembali kapal Pelni dan Perintis.

Sementara arus barang juga tumbuh 11,59 persen dengan adanya peningkatan handling bongkaran batubara di non dermaga umum dan adanya kegiatan pemuatan bungkir, kernel, dan CPO.

Khusus penumpang mengalami pertumbuhan 11,50 persendi beberapa cabang, karena beroperasinya kembali kapal Pelni setelah dilakukan PSBB/PPKM. Ilustrasi suasana aktivitas penumpang di Pelabuhan Makassar yang merupakan salah satu pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV di Makassar. ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024