Mamuju, (ANTARA  News)- Calon jamaah haji asal Sulawesi Barat akan diberi vaksin meningitis dan vaksin influenza untuk mencegah penularan penyakit pada saat berada di tanah suci Mekkah.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar), H. Misbahuddin, M.Ag di Mamuju, Jumat, mengatakan, para Calhaj segera diberikan vaksin meningitis dan vaksin influenza sehingga memiliki daya tahan menghadapi perbedaan cuaca setelah berada di tanah suci.

Ia mengatakan, calhaj yang diberikan vaksin ini akan dilakukan di masing-masing kabupaten.

  "Kami sudah menyampaikan kepada masing-masing Kantor Kemenag kabupaten untuk melakukan kerja samaerjunpayung,  dengan dinas kesehatan terkait rencana pelaksanaan vaksin,"ungkap dia.

Misbahuddin mengemukakan, pelaksanaan vaksin tersebut tidak hanya dilaksanakan saat berada di daerah asal. Namun pemeriksaan pun akan dilakukan di embarkasi haji pada saat pemberangkatan ke tanah Suci.

Mengenai jadwal pemeriksaan vaksin kata dia, hingga kini belum ditentukan. Namun, kegiatan vaksin itu dilakukan pada awal Oktober 2011.

Ia menyampaikan, pada musim haji tahun ini kuota yang ada tidak kurang dari 1.427 akan menunaikan ibadah haji yang terbagi dalam lima Kelompok Terbang (Kloter).

Dia mengatakan, dari kuota haji yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk musim haji tahun 2011, tercatat kuota terbesar masih didominasi calhaj asal Kabupaten Polman 500 jemaah.

Kemudian urutan kedua adalah Kabupaten Mamuju mencapai 416 jemaah, menyusul Kabupaten Majene 250 jemaah, Kabupaten Mamuju Utara 107 jemaah dan Kabupaten Mamasa terkecil dengan jumlah sekitar 105 jemaah.

"Calhaj Majene masuk dalam kloter 20 dan Kabupaten Polman masuk dalam kloter 21. Sedangkan Kabupaten Mamuju masuk dalam kloter 32, Mamuju Utara tergabung dalam kloter 35 dan Kabupaten Mamasa masuk dalam kloter 36,"tuturnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan jadwal maka gelombang pertama yang akan diberangkatkan adalah kloter 20 dan 21 dan telah masuk asrama Sudiang, Makassar pada 18 dan 19 Oktober sebelum mereka bertolak ke Jeddah, Arab Saudi.

Sedangkan untuk kloter 32, 35 dan 36, mereka harus berada di asrama Haji Sudiang Makassar pada 28 Oktober 2011.(T.KR-ACO/S016) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024