Makassar (ANTARA) - Transportasi laut dengan layanan kapal wisata yang dioperasikan KM Dharma Lautan Utama (DLU) ke sejumlah wilayah di Indonesia timur dinilai dapat mendukung kunjungan ke destinasi wisata di Selayar, Maumere dan Baubau.

“Alhamdulillah setelah penerapan adaptasi new normal beberapa waktu lalu, secara bertahap jumlah penumpang mulai normal kembali,” kata Branch Manager PT Dharma Lautan Utama Makassar, Budiono di Makassar, Jumat.

Diakui, pelanggan yang umumnya pengemudi yang mengangkut barang dari satu provinsi ke provinsi lain, akhirnya meningkat menjadi penumpang umum setelah banyak melihat melalui media sosial tentang video fasilitas DLU yang mempromosikan layanan kapal pesiar.

Ia mengatakan, fasilitas pelayanan DLU berbeda dengan fasilitas kapal pada umumnya, khususnya pelayanan trayek PP Surabaya-Makassar.

Sebagai gambaran, bagi yang ingin berwisata di pulau Jawa bisa menggunakan dan membawa kendaraan pribadi dengan tarif yang terjangkau untuk berlayar bersama KM Dharma Kencana VIII.

Begitu pula yang ingin berwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang terkenal dengan wisata bahari Taman Laut Nasional Takabonerate.

Budiono mengatakan, sudah ada penerbangan langsung dari Kota Makassar menuju Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar di Kota Benteng sejak April lalu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tes antigen sebelum boarding.

Hal itu dibenarkan salah satu penumpang asal Prancis, John. Dikatakannya, dengan layanan kapal ini, ada alternatif transportasi menuju Selayar, tanpa harus duduk diam selama kurang lebih 8 jam jika menempuh perjalanan darat dengan bus.

Hal senada diungkapkan penumpang lain, Andi Sofyan yang baru pertama kali menggunakan KM Dharma Kartika III.

“Yang jelas kebersihannya terjamin, jadi saya mau pakai lagi nanti dan juga ajak keluarga dan teman-teman yang lain,” ujarnya.
  Penumpang Dharma Kartika III, Andi Sofyan (kiri) yang siap menikmati santapan yang diberikan oleh petugas kapal. ANTARA/ Suriani Mappong


 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024