Makassar (ANTARA) - Prodi Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan webinar startup bisnis perikanan sebagai upaya mendorong lahirnya wirausaha muda.

Ketua Jurusan Perikanan FIKP Unhas Dr Fahrul SPi MSi dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan terus berbenah menjadikan kampus sebagai pencetak Sumber Daya Manusia (SDM) handal yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara melalui kegiatan wirausaha yang berteknologi.  

Fahrul menuturkan startup telah menjadi kebutuhan untuk memajukan perekonomian bangsa melalui keterlibatan generasi muda kompeten untuk mengelola berbagai sumber daya alam yang melimpah.  

"Kami berharap kegiatan ini bisa mendorong lahirnya startup baru dikalangan generasi muda," kata Fahrul.

CEO Minapoli Rully Setya Purnama, yang merupakan salah satu narasumber menyampaikan startup berbeda dengan UMKM meskipun keduanya melakukan kegiatan usaha. 

Perbedaan utama terletak pada visi dan misi, dimana pembentukan startup berdasar pada upaya pemecahan masalah global, sedangkan UMKM terkadang memiliki latar belakang berusaha yang lebih sederhana.  

Menurut Rully, ada beberapa kondisi SDM perikanan dan kelautan yang menjadi kendala untuk masuk ke dunia startup/wirausaha yang sukses.

Beberapa tantangan diantaranya penguasaan soft skills terbatas, kurangnya bakat untuk bekerja di bidang perikanan dan kelautan, belum siap menjadi wirausahawan, kurang menyukai untuk bekerja di lapangan.

"Termasuk kompetensi kurang selaras dengan kebutuhan di Industri, hingga jaringan bisnis dan informasi yang terbatas," kata Rully.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024