Makassar (ANTARA) - Founder Makassar Culinary Night (MCN) 2022 bersama Dinas Pariwisata Kota Makassar siap melibatkan 76 pelaku UMKM yang akan memberikan sajian terbaik pada pengunjung di Benteng Rotterdam, Makassar pada 21-22 Mei 2022.

"Pada festival ini akan digelar sejumlah kegiatan seperti festival jajanan, demo masak, kolaborasi musik lokal dan talk show terkait makanan dan minuman," kata Founder MCN Mistri Andi Muin pada konfrensi pers MCN 2022 di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, MCN menerima pendaftar yang akan ikut MCN sebanyak 261 tenant pada April 2022, tetapi setelah dilakukan kurasi tenant, akhirnya diputuskan 76 tenant yang akan dilibatkan.

Hal tersebut mengingat keterbatasan area kegiatan pada ruang terbuka di kawasan Benteng Rotterdam, Makassar. Jumlah tenant yang diikutkan tersebut sedikit lebih lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 72 tenant.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Makassar Fadel Taufan Ansar mengatakan kegiatan ini menjadi pemantik untuk membangkitkan kembali semangat wirausaha bagi pelaku UMKM, khususnya yang bergerak di sektor kuliner.

"Hampir dua tahun semasa pandemi COVID-19, UMKM kita terdampak pandemi, namun secara bertahap bangkit kembali," katanya.

Oleh karena itu, MCN diharapkan akan menggairahkan kembali pelaku usaha pada masa normal baru atau endemi.

Marketing Communication Manager Hotel Claro Makassar, Richwan Wahyudi juga mengatakan pihaknya akan turut mengambil bagian di MCN dengan menyajikan aneka menu dari Sunachi, dengan porsi dan harga yang jauh lebih terjangkau.

"Tentu akan menyesuaikan dengan kondisi pengujung MCN, dan sekaligus mendekatkan menu hotel di kalangan masyarakat," katanya sembari mengimbuhkan, apalagi target pengunjung diharapkan dua kali lipat dari jumlah pengunjung tahun lalu.

Pihaknya optimistis ini akan menjadi langkah positif bagi UMKM setelah banyak berkolaborasi dan berjuang bersama membangkitkan UMKM Makassar. Apalagi kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari jasa pengantaran daring, Gojek.
  Suasana konfrensi pers Makassar Culinary Night 2022 dengan narasumber Ketua HIPMI Makassar Fadel Taufan Ansar bersama Founder Makassar Culinary Night (MCN) Mistri Andi Muin , District Consumer Engagement - Gojek Venny Johan dan Marketing Communication Manager Hotel Claro Makassar, Richwan Wahyudi (dari ki-ka) di Hotel Claro, Makassar, Jumar (13/5/2022). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024